Home Olahraga Waspadai Filipina, Butuh Kemenangan Melaju ke Semi Final Piala AFF 2022

Waspadai Filipina, Butuh Kemenangan Melaju ke Semi Final Piala AFF 2022

Jakarta, Gatra.com - Jelang laga terakhir babak penyisihan Grup A Piala AFF 2022, Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan berhadapan dengan Filipina, Senin (2/1). 

Bermain di kandang lawan, Stadion Rizal Memorial, skuad Garuda membutuhkan kemenangan untuk memastikan tiket ke babak semi final.

Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata mengaku akan mewaspadai bola belakang lawan. Ia juga akan berusaha menerapkan strategi yang dirancang oleh pelatih demi membawa kemenangan bagi Indonesia.

“Filipina kita tahu punya postur yang bagus, tinggi besar juga, apalagi main di lapangan ini. Mereka sangat paham juga. Saya prediksi mereka akan mengandalkan bola-bola di belakang kita dalam arti bola long ball," katanya, Senin (2/1).

Baca Juga: 23 Nama Pemain Timnas Indonesia Untuk Piala AFF Resmi Diumumkan

Sementara, striker Garuda bernomor punggung 9, Ilija Spasojevic, mengatakan bahwa saat ini pemain dalam kondisi bugar dan siap bekerja keras untuk kemenangan Indonesia. 

Ia menegaskan bahwa membawa pulang kemenangan menjadi fokus utama di pertandingan ini.

"Setiap pemain harus siap ketika berada di depan gawang. Kami belum lolos dan membutuhkan kemenangan untuk melaju ke babak semi final," katanya.

Baca Juga: Berharap Indonesia Juarai AFF 2022, Wapres: Kita Tiru Semangat Maroko

Filipina sudah tidak memiliki peluang untuk maju ke babak berikutnya. Namun, Spaso mengaku akan terus mewaspadai lawan.

"Meski begitu, kami tetap waspadai Filipina. Mereka tim yang bagus, apalagi bermain di kandang sendiri," ujarnya.

Filipina telah tiga kali bertanding dari total empat partai Grup A Piala AFF 2022. Hasilnya, pasukan besutan Josep Ferre ini meraih satu kemenangan atas Brunei, dan kalah dalam dua pertandingan atas Kamboja dan Thailand. Ini membuat Filipina hanya mampu berada di peringkat keempat klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022 dengan tiga poin.

Baca Juga: Menang Besar Atas Brunei, Indonesia Puncaki Klasemen Grup A Piala AFF 2022

Sementara, Indonesia berada di peringkat kedua dengan tujuh poin setelah membukukan dua kali kemenangan atas Kamboja dan Brunei, serta meraih hasil seri atas Thailand. Jumlah poin yang dikumpulkan Indonesia sama dengan pemuncak klasemen Grup A, Thailand, hanya berbeda selisih gol.

Kemenangan atas Filipina akan membuat Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Untuk itu, skuad Garuda harus meraih poin penuh di laga terakhir ini.

218