Home BUMN Buktikan Komitmen Pengelolaan Lingkungan, SG Kembali Sabet Penghargaan Proper Hijau 2022 dari Kementerian LHK

Buktikan Komitmen Pengelolaan Lingkungan, SG Kembali Sabet Penghargaan Proper Hijau 2022 dari Kementerian LHK

Rembang, Gatra.com - PT Semen Gresik (PTSG) kembali meraih prestasi gemilang dengan mendapatkan predikat Proper Hijau 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang diumumkan pada sesi penghargaan di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Kamis (29/12).

Itu merupakan penghargaan yang diraih untuk kedua kalinya berturut-turut.

Agenda penganugerahan Proper Hijau 2022 dilaksanakan secara hybrid dan diikuti oleh 3.200 peserta, di hadiri secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin dan Menteri LHK Siti Nurbaya.

Baca Juga: SG Salurkan Bantuan FMM Rp1,75 Miliar untuk 6 Desa di Rembang 

General Manager of Communication & Legal PTSG Fardhi Sjahrul Ade mengungkapkan bahwa capaian PTSG dalam memperoleh Proper Hijau 2022 merupakan bukti bahwa perusahaan telah melakukan pengelolaan lingkungan dengan sangat baik dan bahkan melampaui dari yang dipersyaratkan oleh regulasi maupun perundang-undangan (Beyond Compliance).

Alhamdulillah kami mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas capaian yang membanggakan tersebut, kami berterima kasih kepada berbagai pihak terkait yang mendukung dan membina kami sehingga PTSG mendapatkan Proper Hijau 2022,” ujar Fardhi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/1).

Dia melanjutkan bahwa Proper Hijau merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah untuk industri-industri yang memiliki kinerja terbaik di kategori lingkungan serta pengembangan masyarakat di sekitar area operasional perusahaan.

“PTSG terus berkomitmen untuk selalu menjalankan tiga hal yang mencakup pengelolaan lingkungan, pemanfaatan sumber daya secara efisien, dan memiliki tanggung jawab sosial secara berkelanjutan,” sebutnya.

Karyawan SG beraktivitas di area Pabrik Rembang PTSG. Dengan komitmen manufacturing excellent dan pengelolaan lingkungan yang melampaui persyaratan (beyond compliance) , SG mendapatkan penghargaan PROPER HIJAU dua tahun berturut-turut. (Dok.PTSG)

Harapannya, terang Fardhi, agar PTSG terus konsisten dalam pengelolaan lingkungan dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar melalui pengembangan program community development.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menuturkan bahwa penghargaan PROPER ini ditujukan untuk mendorong setiap aktivitas bisnis industri agar tak hanya memenuhi ketaatan peraturan lingkungan hidup, tetapi juga untuk melakukan praktek bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan ekonomi hijau.

“Saya ucapkan selamat kepada perusahaan penerima Anugerah PROPER, kinerja setiap perusahaan terbukti menjadi yang terdepan dalam pengelolaan lingkungan. Para pemenang adalah inspirasi dan motivasi bagi perusahaan lain untuk melakukan hal serupa dalam rangka memuliakan Indonesia sebagai bangsa yang disegani dunia dan berhasil dalam mengelola lingkungan hidup lestari,” tandasnya.

83