Home Internasional Filipina Minta Para Jenderal Polisi Terlibat Narkoba segera Mundur

Filipina Minta Para Jenderal Polisi Terlibat Narkoba segera Mundur

Manila, Gatra.com - Sekretaris menteri dalam negeri Filipina mengumumkan bahwa dia telah meminta semua jenderal polisi dan kolonel untuk mengajukan pengunduran diri mereka, guna membersihkan mereka terkait obat-obatan terlarang.

“Sekitar 300 petugas, yang direkomendasikan oleh kepala polisi nasional, juga akan mengajukan pengunduran dirinya,” kata Menteri Dalam Negeri, Benjamin Abalos Jr. dalam konferensi pers, dikutip, Associated Press, Rabu (4/1).

“Tampaknya ada masalah besar di kepolisian kita. Ternyata ada jenderal dan kolonel yang terlibat narkoba. Kita perlu membersihkan barisan kita. Kami membutuhkan kepercayaan rakyat,” katanya.

Baca Juga: Duterte dapat Dukungan Warga Filipina Perangi Narkoba

Diketahui puluhan petugas polisi ditangkap atau dibebaskan dari jabatan mereka dan menjalani penyelidikan sejak tahun lalu atas keterlibatan mereka dalam perdagangan narkoba.

Abalos mengutip kasus baru-baru ini mengenai penegak hukum yang menjual narkoba di kantor mereka. 

Badan Penegakan Narkoba Filipina juga menjadi sasaran penggerebekan, penangkapan, dan pemecatan dalam beberapa bulan terakhir.

Sebelumnya, mantan Presiden Rodrigo Duterte mendapat kecaman internasional atas perangn mematikannya terhadap narkoba, yang menurut data polisi menewaskan lebih dari 6.200 tersangka. Kelompok-kelompok hak asasi manusia mengutip jumlah korban tewas yang lebih tinggi dan menuduh beberapa petugas polisi merekayasa bukti, untuk menunjukkan bahwa para korban menolak keras penangkapan. 

Baca Juga: Jurnalis Filipina yang Bantu Penyelidikan Perang Narkoba Duterte, Tewas Ditembak

Pada bulan November, Kepala Polisi Nasional Filipina Rodolfo Azurin Jr. mengatakan dia sedang mengarahkan penegak hukum untuk meminimalkan pembunuhan terhadap orang yang terlibat dalam aktivitas narkoba.

Abalos mengatakan sulit untuk berperang melawan obat-obatan terlarang. Salah satu caranya dilakukan dengan meminta pengunduran diri mereka. Tujuannya untuk mencegah petugas menutupi jejak mereka, atau mengajukan tuduhan yang dibuat-buat.

Sebuah komite akan dibentuk meninjau catatan petugas polisi, untuk menentukan apakah mereka terlibat dalam perdagangan obat-obatan terlarang. Ia menambahkan bahwa mereka yang tidak terlibat, tidak perlu khawatir.

79