Home Teknologi Toyota Kirim Dua Mobil Otonom ke CES 2023,

Toyota Kirim Dua Mobil Otonom ke CES 2023,

Las Vegas, Gatra.com - Dalam beberapa tahun terakhir, Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas menjadi etalase memamerkan teknologi dan inovasi baru yang berhubungan dengan transportasi dan mobilitas. Tahun ini Toyota Motor Corp. lewat anak usahanya Toyota Boshoku memamerkan mobil konsep otonom yaitu MX221 dan MOOX.

MX221 dikembangkan dengan konsep sebagai mobil pod Mobility as a Service (MaaS). MX221 memiliki sistem kemudi otonom Level 4 atau High Automation. Mobil ini memiliki kabin yang fleksibel dengan konfigurasi yang bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan penumpangnya. Seperti MX Pass, penumpang disuguhkan dengan kabin empat penumpang yang lega dan memiliki fitur yang bisa dikontrol lewat ponsel. MX Plus berdua bersama teman atau sekeluarga. Ada MX Prime yang menonjolkan kemewahan . Dan MX Access yang menawarkan solusi mobilitas mudah untuk pengguna kursi roda.

Mobil konsep lainnya adalah MOOX. Bedanya, mobil konsep ini memiliki sistem kemudi otonom Level 5 yang tidak memerlukan intervensi manusia sama sekali. Selain bisa jalan sendiri, kabin MOOX juga memiliki konsep 'X on Wheels' atau apapun bisa diwujudkan di dalam interior mobil tersebut.

Toyota Boshoku memiliki sistem ruang sesuai kebutuhan (kursi dan item interior yang dapat dilepas dan diganti). Salah satu contoh aplikasi yang dipamerkan adalah fungsi sebagai ruang kebugaran (MOOX Wellness Edition) yang memperkirakan tingkat kelelahan dan stres dari kursi dan berkontribusi untuk relaksasi dan pemulihan dengan mengontrol lima indera. Contoh aplikasi lain Tourism Entertainment Edition yang menggunakan sistem AR untuk memberi pengalaman liburan di dalam mobil.

65