Home Regional Main ini Bisa Kurangi Kecanduan Gadget pada Anak

Main ini Bisa Kurangi Kecanduan Gadget pada Anak

Lamongan, Gatra.com – Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Solokuro, Lamongan, IPTU Aris Sugianto menyatakan bahwa permainan lato-lato yang kian marak digemari memiliki sisi positif untuk mengurangi kecanduan gawai (gadget) pada anak-anak. Hal itu ia sampaikan dalam sesi Jumat Curhat yang digelar di Pendopo Kecamatan Solokuro, Jumat (13/01/2023) pagi.

“Secara umum, permainan lato-lato ini memiliki sisi positif mengurangi kecanduan gawai pada anak-anak. Adapun yang perlu menjadi perhatian adalah segi keselamatan pemain. Anak-anak juga harus dipantau agar kegiatan mereka aman,” ujar Aris dalam acara mingguan yang juga dihadiri oleh Camat Solokuro.

Selain lato-lato, Aris juga menjelaskan bahwa terdapat beberapa hal lain yang juga dapat menghindarkan anak dari kecanduan gawai seperti memperbanyak kegiatan olahraga dan beberapa permainan tradisional yang dapat kembali dihidupkan. Ia menyebut bahwa dengan permainan tradisional, anak akan terangsang secara motorik dan sosial sehingga dapat membantu proses perkembangan.

Di lain sisi, ia juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa acara yang digelar tiap Jumat pagi itu bertujuan untuk menampung aspirasi masyarkat. Ia menegaskan bahwa semua elemen masyarakat dapat menghadiri Jumat Curhat demi menyampaikan keluh kesah dan pertanyaan kepada stakeholder.

“Ini merupakan kegiatan kepolisian untuk mendekatkan anggota kepolisian dengan masyarkat. Juga untuk menampung segala macam permasalahan sosial yang ramai terjadi sepekan terakhir agar nantinya bisa dicarikan solusi dalam mengatasi segala keluh kesah dari masyarakat,” ujarnya dalam giat yang serentak dilakukan se-Kabupaten Lamongan itu.

Jumat Curhat akan dilaksanakan bergilir untuk masing-masing desa di Kecamatan. Tema yang diangkat dalam setiap pertemuan akan mengikuti isu yang sedang hangat dibicarakan dan sedang menjadi persoalan masyarakt.

“Silakan bagi masyarkat yang ingin bertanya apa saja setiap hari Jumat kita hadir di sini untuk menampung unek-unek dari masyarakat,” pungkasnya dalam sambutan acara yang dihadiri oleh puluhan warga desa Payaman, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan pagi ini.

35