Home Sumbagsel Tol Indralaya-Prabumulih Bisa Dilalui Pemudik Idulfitri Tahun Ini

Tol Indralaya-Prabumulih Bisa Dilalui Pemudik Idulfitri Tahun Ini

Palembang, Gatra.com - Proyek pembangunan Jalan Tol Palembang-Prabumulih oleh Hutama Karya berlangsung tanpa kendala dan ditargetkan akan diresmikan pada Maret 2023. Peresmian tol ini direncanakan akan berbarengan dengan peresmian flyover Patih Galuh Kota Prabumulih.

Saat ini, progres pengerjaan memasuki tahap finishing. Keseluruhan pengerjaan jalan tol Indralaya-Prabumulih sudah mencapai 80 persen lebih. Diperkirakan bulan Maret 2023 mendatang, tol tersebut sudah dapat dilalui.

1. Jembatan penghubung jalan tol juga sudah dibangun

Untuk memastikan sejauh mana progres pembangunan ruas jalan berbayar tersebut, Gubernur Sumsel, Herman Deru, melakukan peninjauan ruas jalan tol Indralaya-Prabumulih, Sabtu (14/1/2023).

"Saya lihat progres pembangunan jalan tol ini tepat waktu. Bahkan, beberapa jembatan penghubung jalan tol ini juga telah dibangun," ujar Herman Deru di sela peninjauan.

Selain itu, percepatan pembangunan jalan tol Indralaya-Prabumulih penting dilakukan. Hal itu mengingat kebutuhan akan jalan tol di Sumsel sudah cukup tinggi.

2. Gubernur temukan ruas jalan yang buat masyarakat traumatik

Masyarakat, khususnya pengguna jalan tentu tidak sabar dioperasikannya ruas jalan tol Indralaya-Prabumulih. Karena itu, targetnya jalan tol ini bisa rampung pada Maret 2023.

"Kita tentu tidak sabar jalan tol ini segera beroperasi. Termasuk ruas tol Palembang-Betung dan ruas tol Prabumulih-Muara Enim. Untuk jalan tol ini, targetnya bisa digunakan pada arus mudik Hari Raya Idulfitri," ungkapnya.

Menurut Deru, jalan tol tersebut akan membawa dampak baik bagi pertumbuhan ekonomi di Sumsel. Di sisi lain, Deru juga mengingatkan Hutama Karya sebagai penanggung jawab pembangunan jalan tol tersebut, terus memperhatikan hal-hal yang mengakibatkan traumatik masyarakat pengguna jalan.

"Ada beberapa ruas yang membuat masyarakat traumatik. Tikungan yang masih kurang nyaman yang mengakibatkan lakalantas. Jangan sampai masyarakat jadi tidak nyaman," tegasnya.

3. Proses pembebasan lahan sudah 96 persen

Sementara itu, Project Director Jalan Tol Indralaya-Prabumulih, Sarjono, mengatakan, progres pembebasan lahan pembangunan jalan tol Indralaya-Prabumulih sudah rampung 96 persen.

"Progres lahan sudah 96,04 persen. Namun konstruksi tetap bisa dilakukan. Saat ini sudah berjalan baik," katanya.

Adapun pengerjaan yang telah dilakukan dan sedang berjalan, yakni pekerjaan pile slab, soil improvement, cermaton, dan pekerjaan timbunan.

"Kita pastikan jika pada Maret 2023 ini, jalan tol Indralaya-Prabumulih sudah bisa dioperasikan," ujarnya.

60