Home BUMN Tutup Tahun 2022, Semen Gresik Borong Berbagai Prestasi Gemilang

Tutup Tahun 2022, Semen Gresik Borong Berbagai Prestasi Gemilang

Rembang, Gatra.com - PT Semen Gresik (PTSG) menutup tahun 2022 dengan berbagai pencapaian gemilang, di antaranya penghargaan bidang pengelolaan lingkungan, corporate social responsibility (CSR) pemberdayaan masyarakat, serta inovasi.

Capaian yang membuktikan PTSG tetap bertahan sebagai perusahaan persemenan terpercaya di Tanah Air, dengan terus berkomitmen demi terciptanya pembangunan secara berkelanjutan.

General Manager of Comunnication & Legal, Fardhi Sjahrul Ade, menandaskan bahwa capaian tersebut berhasil diraih dalam berbagai apresiasi berskala nasional hingga internasional.

Baca Juga: Buktikan Komitmen Pengelolaan Lingkungan, SG Kembali Sabet Penghargaan Proper Hijau 2022 dari Kementerian LHK

Lanjutnya, capaian penting pertama yaitu penghargaan Proper Hijau 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan ini merupakan raihan kedua kalinya, dimana keberhasilan PTSG melakukan beyond compliance atau pengelolaan lingkungan melampaui dari yang dipersyaratkan.

“Kami sangat bersyukur atas raihan Proper Hijau 2022 ini, karena menjadi bukti dan komitmen PTSG pada pengelolaan lingkungan, pemanfaatan sumber daya secara efisien, dan pemberdayaan masyarakat berbasis kemandirian ekonomi,” kata Fardhi dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/1).

Fardhi menambahkan, penghargaan penting selanjutnya adalah mendapatkan Penghargaan Kinerja Terbaik Penerapan Industri Hijau 2022 dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) atas komitmen penerapan prinsip industri hijau dalam proses produksi dan aktivitas bisnis Perusahaan.

“Tak kalah bergengsi, PTSG juga meraih penghargaan Subroto 2022 dari Kementerian ESDM dalam kategori Inovasi Teknologi Pertambangan Minerba yang efektif menuju Net Zero Emission melalui Konservasi Air Pemanfaatan Embung Semen Gresik dan kategori program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) mineral terinovatif melalui program Semen Gresik Sahabat Petani (SGSP),” jelasnya.

Capaian penting selanjutnya, ialah dengan berhasil memperoleh penghargaan sebagai pelaksana program terbaik 1 pada CSR Awards Jawa Tengah 2022. Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, kepada Direktur Keuangan dan SDM PTSG Supriyadi.

Tahun 2022, ungkap Fardhi, juga menjadi tahun gemilang bagi karyawan PTSG, dimana sukses menyabet apresiasi di bidang inovasi baik skala nasional, Yakni penghargaan 4 Platinum dan 3 Gold di ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) 2022 di Lombok.

Pencapaian selanjutnya, PTSG menjadi juara 2 BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) dari Kementerian BUMN RI. “Capaian membanggakan dari perusahaan melalui program inovatif Harmonisasi Industri dan Lingkungan Integrated Farming dalam kategori Community Involvement and Development,” ujar Fardhi.

Direktur Keuangan dan SDM PT Semen Gresik menerima secara lansung penghargaan Subroto 2022 kategori program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) mineral terinovatif dari Kementerian ESDM. (Dok.PTSG)
 

Dia melanjutkan, PTSG juga berhasil menyabet dua penghargaan TOP GRC Awards 2022 #4 Stars dan The Most Commited GRC Leader 2022 untuk Direktur Utama PTSG Subhan.

“Tak hanya itu saja, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) juga memberikan apresiasi atas kontribusi PTSG dalam peningkatan SDM wartawan se-Jawa Tengah pada ajang PWI awards 2022,” katanya.

Selain itu, tambah Fardhi, di bidang kehumasan, PTSG berhasil memperoleh beberapa penghargaan, yakni apresiasi Silver Winner pada ajang Public Relations Indonesia Award (PRIA) 2022, Anugerah Humas Indonesia (AHI) Awards 2022, serta double winner dalam ajang BUMN award 2022 dari The Iconomics BUMN Forum.

Pencapaian cemerlang berikutnya, PTSG berhasil menjadi Brand semen terbaik pilihan masyarakat di Jawa Tengah dalam ajang Satria Brand Awards 2022. “Hasil survey dari lebih 15.000 responden yang diselenggarakan oleh Media Suara Merdeka,” terangnya.

Ditambahkan Fardhi, dalam bidang CSR dan pemberdayaan masyarakat PTSG mendapat berbagai pencapaian yang luar biasa, yakni dua penghargaan TOP CSR Award 2022, dan perolehan nilai terbaik bintang empat untuk kategori Pilar Sosial Anak Perusahaan BUMN pada TJSL & CSR Award 2022.

“Bentuk konsistensi atas komitmen PTSG di bidang pemberdayaan masyarakat dibuktikan dengan perolehan tiga predikat terbaik pada Indonesia SDG’s Awards 2022, serta Marketeers SME Enablers Award 2022 untuk Rumah BUMN Rembang,” pungkasnya.

73