Home Olahraga Fajar/Rian Raih Gelar Malaysia Open 2023

Fajar/Rian Raih Gelar Malaysia Open 2023

Kuala Lumpur, Gatra.com - Gelar Malaysia Open 2023 resmi diraih oleh wakil ganda putra peringkat satu dunia asal Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Bermain di laga final, Minggu (15/1), di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Fajar/Rian berhasil menumbangkan wakil China, Liang Wei Keng/Wang Chang dalam rubber game, 21-18, 18-21, 21-13.

Sejak awal game pertama, kejar-kejaran poin terjadi hingga imbang 7-7. Setelahnya, Fajar/Rian terus meraih poin dan menjaga keunggulan. Game poin 20-15, pasangan China sempat mengambil tiga poin sebelum akhirnya wakil Indonesia mengambil game pertama.

"Senang, alhamdulillah di awal tahun 2023 ini bisa mendapat gelar juara pertama di Super 1000. Sangat bersyukur, semoga ke depan bisa lebih baik," ujar Fajar dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (16/1).

Memasuki game kedua, kedua pasangan masih saling berkejaran poin. Kerap imbang 4-4, 9-9, 14-14, 17-17, ganti Wang/Liang yang berhasil meraih keunggulan dan memaksakan rubber game.

Baca juga: PBSI Panggil 92 Atlet Masuk Pelatnas

"Pertandingan tadi ramai. Game pertama kami bisa menang tapi di game kedua kami kecolongan dari servis mereka yang sangat bagus. Di game ketiga, kondisi kami sebenarnya sudah menurun tapi dengan semangat dan tekad yang besar kami bisa maksimal dan memenangkan pertandingan," paparnya.

Di game penentuan, Fajar/Rian kembali mendominasi jalannya pertandingan. Serangannya mampu menghasilkan poin dan pertahanannya sulit ditembus sehingga membuat lawan melakukan kesalahan sendiri. Memimpin 11-8 saat interval, perolehan poin pasangan Indonesia terus melaju dengan mengambil empat poin beruntun. Setelahnya, Fajar/Rian terus menjaga keunggulan dan memastikan diri meraih kemenangan.

Gelar Malaysia Open 2023 merupakan gelar Super 1000 pertama bagi pasangan ini. Keduanya mengaku selalu ingin jadi yang terbaik, dan akan terus berusaha meraih gelar lainnya.

"Arti juara ini pastinya menambah motivasi kami untuk terus menyumbang prestasi untuk Indonesia. Gelar ini pertama saya persembahkan untuk Indonesia, PBSI, pelatih, semua tim dan keluarga. Juga untuk semua teman-teman dan suporter yang terus mendukung kami," kata Fajar.

Perolehan prestasi ini mendapat respons dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Melalui akun instagramnya, Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Fajar/Rian.

"Pemain bulutangkis Indonesia yang kini menempati peringkat satu ganda putra dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses meraih gelar Malaysia Open 2023. Dari Tanah Air, saya menyampaikan selamat kepada Fajar/Rian, para pelatih, dam tim bulutangkis Indonesia," tulisnya.

Usai di Malaysia Open 2023, Fajar/Rian turut akan berlaga di India Open 2023. Pertandingan itu akan digelar mulai Selasa (17/1) hingga Minggu (22/1) mendatang.

81