Home BUMN Semen Gresik Jembatani Kolaborasi PWI Tiga Daerah Adakan UKW Joglosemar

Semen Gresik Jembatani Kolaborasi PWI Tiga Daerah Adakan UKW Joglosemar

Rembang, Gatra.com – PT Semen Gresik (PTSG) berupaya terus memperkokoh posisi strategis sebagai mitra yang mendukung pengembangan kapasitas SDM jurnalis.

Salah satunya dengan ikut mempererat komitmen media relations bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah, PWI Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), serta PWI Surakarta. Kolaborasi yang baik antara PTSG bersama tiga pengurus PWI, dengan melaksanakan pertemuan di Yogyakarta, Senin (16/1).

Turut hadir dalam koordinasi, Senior Manager of Comunnication & CSR Dharma Sunyata beserta jajaranya, Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS, Ketua PWI Solo Anas Syahirul Alim, dan Ketua PWI DIY Hudono.

Baca Juga: Rayakan HUT ke-9, Semen Gresik Perkuat Sinergi dan Kinerja Hadapi Tahun 2023

Senior Manager of Comunnication & CSR Dharma Sunyata, menuturkan bahwa sebelumnya, seiring dengan kesuksesan PTSG bersama PWI Jateng menggelar 6 kali Uji Kompetensi Wartawan (UKW) se-Jawa Tengah selama kurun waktu 2019-2022 lalu.

“Adanya koordinasi tersebut, sepakat untuk menggelar UKW bersama dengan ratusan peserta dengan label “UKW Joglosemar”, yang akan dilaksanakan di Yogya pada 15-17 Maret 2023. Kegiatan ini sekaligus juga sebagai peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023,” jelas Dharma dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/1).

Lanjut Dharma, PTSG terus berkomitmen dalam memperkuat media relations, karena media memiliki peran dan posisi stategis sebagai penyampai informasi. Terutama dalam menyampaikan kebijakan perusahaan, agenda korporasi, dan berbagai bentuk informasi yang dibutuhkan oleh stakeholder perusahaan.

Ketua PWI Jateng, Amir Machmud, megungkapkan bahwa kegiatan ini di-support penuh oleh Semen Gresik. Dalam UKW Joglosemar nanti, motor penggeraknya dari PWI Jateng melalui kolaborasi dengan PWI DIY dan PWI Surakarta.

“Agenda bersejarah tersebut menjadi sikap dari tiga daerah, harapannya mampu menjadi pilot project dan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia,” terangnya.

Foto bersama perwakilan dari Semen Gresik dengan PWI Jateng, PWI DIY, dan PWI Surakarta seusai pertemuan membahas UKW Joglosemar di Yogyakarta, Senin 16 Januari 2023.(Dok.PTSG)

Sementara itu, Ketua PWI DIY, Hudono mengakui bahwa UKW Joglosemar merupakan tonggak sejarah karena diselenggarakan secara berkolaborasi oleh tiga daerah sekaligus.

“PWI DIY merasa terhormat karena dipilih menjadi tempat pertama penyelenggaraan bersejarah ini, dan kita harapkan kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan,” kata Hudono.

Hal senada disampaikan Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul, yang juga mengapresiasi gagasan UKW Joglosemar tahun 2023. Menurutnya, ide cemerlang in kan mendapatkan tanggapan dan antusias para watawan yang belum mengikuti UKW.

“Saya kira ini kegiatan yang brilian, efektif, dan efisien. Tapi jauh yang lebih penting adalah semangat kolaboratif,” tandasnya.

62