Home Ekonomi Program Kartu Prakerja 2023 Siapkan Opsi Baru Untuk Peserta

Program Kartu Prakerja 2023 Siapkan Opsi Baru Untuk Peserta

Jakarta, Gatra.com - Direktur Komunikasi, Kemitraan Program, dan Pengembangan Ekosistem Kurniasih Suditomo mengatakan bahwa Program Kartu Prakerja di tahun 2023 kali ini sudah bisa diselenggarakan secara hybrid, yakni secara offline dan online.

"Kita buka dua opsi untuk memberikan kesempatan lebih luas bagi penerima kartu prakerja untuk mengikuti beragam pelatihan dalam peningkatan penyesuaian kemampauan," ucapnya di daerah Cikini, Jakarta, Rabu (18/01).

Selain itu ada beberapa tahapan yang akan diikuti oleh peserta selama mengikuti masa pelatihan.

Head Kemitraan dan Program Dwina menjelaskan terkait simulasi pelatihan tersebut yakni yang pertama adalah penambahan durasi pelatihan yang semulai minimal 6 jam menjadi minimal 15 jam dengan tidak lebih dari 3 jam per hari. Kedua, yaitu moda pelatihan berlangsung secara online, offline, dan bauran (secara bertahap).

“Program ini juga boleh diikuti oleh penerima bantuan dari kementerian/lembaga lainnya seperti Bantuan Sosial, Bantuan Subsidi Upah atau Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM). Ini berbeda dari sebelumnya di mana Program Kartu Prakerja tak dapat diberikan kepada para penerima bantuan tersebut,” ucap Dwina.

Selanjutnya, besaran bantuan yang diterima peserta senilai Rp4,2 juta per individu dengan perincian bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pasca pelatihan Rp600 ribu guna mendukung biaya transportasi dan internet yang diberikan sebanyak satu kali, serta insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Pelatihan Program Kartu Prakerja sendiri nantinya akan dimulai di 10 kota besar dan secara bertahap ditingkatkan sampai seluruh Indonesia. Ke-10 kota besar itu adalah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Bali, Pontianak, Makassar, Kupang, dan Jayapura.

“Adapun untuk moda online atau daring, sama seperti sebelumnya, dapat diikuti dari 10 kota besar seluruh provinsi,” kata Dwina. 

22