Home Ekonomi Bappebti Sebut Roadmap Harga Acuan Komoditas Hampir Selesai

Bappebti Sebut Roadmap Harga Acuan Komoditas Hampir Selesai

Jakarta, Gatra.com-Plt Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan Didid Noordiatmoko menegaskan akan membentuk akan harga acuan untuk komoditas.

"Saat ini kami sudah hampir selesai roadmap pembentukan Price Reference sekitar 60 hingga 70 persen. Tentunya, dengan adanya masukan dari berbagai pihak akan kami perbaiki,” ujar Didid, di Gedung Bappebti, Jakarta Pusat, Jum'at (20/01).

Menurut Undang-undang Nomor 32 tahun 1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi, saat ini Indonesia masih belum memiliki acuan harga. Padahal telah diakui sebagai penghasil terbesar di dunia beberapa jenis komoditas tertentu.

Didid juga menambahkan Price Reference atau harga acuan sudah masuk dalam rapat kerja Bappebti dan sudah mendapat berbagai masukan dari berbagai pihak seperti Dirjen Perdagangan Luar Negeri dan Dalam Negeri, serta Kementerian Perdagangan.

"Kami pertama menyusun roadmap yang diharapkan dapat selesai dua minggu ke depan. Ketika selesai bukan berarti langsung bisa dijalankan, kami harus koordinasi dengan berbagai pihak lainnya dulu,” urai Didid.

Didid berharap, penyusunan peta jalan pembentukan harga acuan ini diharapkan dapat rampung dalam waktu dua minggu ke depan. 

27