Home Ekonomi Kunci Sukses Masato Uchida Memimpin Hino Melewati Badai Pandemi

Kunci Sukses Masato Uchida Memimpin Hino Melewati Badai Pandemi

Jakarta, Gatra.com - Sebulan setelah pemerintah mengumumkan kehadiran virus Covid-19 di Indonesia, Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Masato Uchida mengirimkan surat kepada seluruh konsumen Hino di Indonesia.

Dalam suratnya itu Masato Uchida menegaskan Hino tetap berkomitmen menjaga kepuasan dan kepercayaan konsumen setia, dengan tidak mengurangi aspek keselamatan dan keamanan dari ancaman COVID-19.

Salah satunya dengan keputusan bahwa bagian purnajual dan suku cadang tetap bekerja dalam jumlah minimal, sementara seluruh karyawan yang lain WFH (Work From Home).

Baca juga: Angkut Bahan Berbahaya, Hino Luncurkan Truk Kaya Fitur Keselamatan

Keputusan itu untuk memastikan kendaraan Hino yang turut serta menjadi tulang punggung angkutan logistik, bahan makanan, bahan bakar, prasarana kesehatan, alat-alat medis dan obat-obatan, hingga angkutan petugas kesehatan dari penginapan ke fasilitas kesehatan bisa terus beroperasi optimal.

"Bahkan truk pemadam turut menjadi difungsikan sebagai kendaraan penyemprot disinfectant fasilitas public secara massif. Semua kendaraan ini harus terus beroperasi, karena itulah komitmen untuk memastikan truk dan bus tersebut dalam kondisi prima," demikian isi suratnya yang dirilis ke media awal April 2020.

Kepemimpinan Masato Uchida yang luar biasa dalam melewati masa pandemi yang cukup berat berhasil membawa HMSI tetap berdiri kokoh. Hino tetap menjadi market leader medium duty truck di Indonesia yang telah bertahan dalam 23 tahun terakhir ini. Selain itu, dibawah kendalinya, Hino terus fokus mengembangkan layanan Total Support untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi bisnis konsumen, seperti salah satunya HMSI membuka pusat pelatihan pengemudi Hino Total Support Customer Center (HTSCC) yang membuat Hino sebagai satu – satunya brand kendaraan niaga di Indonesia yang memiliki sirkuit pelatihan bagi pengemudi.

Mulai 1 Februari 2023, Masato Uchida akan menyerahkan kemudi HMSI kepada Takashi Muto yang ditunjuk sebagai Presiden Direktur HMSI yang baru.

Takashi Muto memiliki pengalaman cukup panjang dalam bisnis Hino di Kawasan Asia. Sebelumnya ia menjabat sebagai Deputy GM Asia & Oceania Department Hino Motors Limited (HML) Japan pada periode Februari 2016 sampai Januari 2018. Setelah itu, dari Februari 2018 sampai Januari 2022, Muto mengemban tugas sebagai General Director Hino Motors Vietnam,Ltd. Memasuki Februari 2022, Takashi Muto kembali ke Jepang sebagai General Manager Total Support Promotion Department, HML dan kini di dapuk sebagai Presiden Direktur HMSI.

Baca juga: Pemerintah Rencanakan Biosolar B35, Hino: Kami Sudah Antisipasi

Takashi Muto mengungkapkan “Saya akan berusaha untuk melanjutkan komitmen Hino Indonesia dalam memberikan produk dan layanan yang berkualitas kepada pelanggan kami. Berkontribusi positif kepada perkembangan industri otomotif di indonesia, khususnya dipasar kendaraan niaga”.

Sementara itu, Masato Uchida akan kembali ke Hino Motors Ltd, dan akan menepati posisi baru untuk menangani bisnis Hino di Jepang.

“Sebuah kebanggaan yang luar biasa bagi saya, dapat bertugas di indonesia dan berkontribusi bagi bisnis pelanggan disini. Terima kasih banyak atas dukungan Anda yang luar biasa kepada saya selama 3 tahun ini” tutup Masato Uchida.

73