Home Olahraga SOina: Indonesia Bidding menjadi Tuan Rumah SOWSG 2031

SOina: Indonesia Bidding menjadi Tuan Rumah SOWSG 2031

Jakarta, Gatra.com - Indonesia tengah berusaha mendapat hak menjadi tuan rumah Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2031. Untuk mengujudkannya, berbagai hal mesti disiapkan agar memenangkan bidding yang akan diselenggarakan di Berlin Juni 2023.

Keberhasilannya akan membantu jalan menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Sejauh ini Indonesia telah berpengalaman menyelenggarakan pesta olahraga multi event seperti Sea Games dan Asian Games 2018. SOWSG akan meningkatkan kredibilitas sebagai negara yang mampu menggelar pesta olahraga multi event dunia.

Pokok pembicaraan itu dihasilkan dalam pertemuan antara Pengurus PP Special Olympics Indonesia (SOina) dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Jum’at, 20-1-2023 di Jakarta.

“Pak Menpora setuju dengan ide itu, namun mesti terlebih dahulu melapor presiden untuk mendapatkan persetujuan,” ujar Ketua PP SOina Warsito Ellwein kepada Gatra.com, Senen (23/1). Persetujuan itu dibutuhkan sebagai syarat ikut serta dalam bidding yang dimaksud.

Special Olympics adalah sebuah gerakan sosial untuk mengembangkan anak-anak bertalenta khusus lewat olahraga agar dapat berkembang menjadi manusia mandiri dan berperan di masyarakat dan negara.

Dukungan Pemerintah

Sejauh ini, menurut Warsito, pemerintahan Presiden Joko Widodo memberikan dukungan nyata yang besar bagi SOina. Ini diujudkan lewat macam kegiatan baik perijinan, fasilitas maupun bantuan finansial. “Dalam pertemuan terakhir pak Menpora berjanji untuk membantu pembiayaan tiket pesawat bagi delegasi ke SOWSG Berlin, Juni mendatang," ujarnya.

Selain itu, dalam Pelatnas menuju para atlit dan pelatih juga akan mendapatkan berbagai fasilitas sehingga persiapan kontingen menjadi lebih mudah. Bahkan sejumlah menteri anggota kabinet sepakat ikut serta berkampanye mengalang dukungan masyarakat termasuk pengusaha. “Pak Menpora akan hadir dalam Gala Dinner, tanggal 25 Januari, di Museum Nasional,” tambah Warsito.

Dalam perjamuan itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, selaku Ketua Dewan Pembina SOina, bersama Menpora dan para petinggi negara akan dimeriahkan oleh penampilan kelompok Elek Yo Band, sebuah kelompok musik yang anggotanya adalah para menteri dan pejabat tinggi negara.

Menyatunya kebersamaan ataupun gotong royong antar kelompok masyarakat tentu amat menguntungkan bagi Special Olympics yang mencita-cita terujudnya inklusi sehingga anak-anak bertalenta khusus, atau disabilitas intelektual, dapat tumbuh dan mendapat tempat di masyarakat. 

172