Home Olahraga Victor Axelsen Absen di Indonesia Masters 2023, Pelatih Tunggal Putra Indonesia: Harusnya Main

Victor Axelsen Absen di Indonesia Masters 2023, Pelatih Tunggal Putra Indonesia: Harusnya Main

Jakarta, Gatra.com - Pemain tunggal putra nomor satu dunia, Viktor Axelsen, memastikan absen dalam gelaran Indonesia Masters 2023 yang akan berlangsung pada Selasa (24/1) hingga Minggu (29/1). Menanggapi hal ini, pelatih kepala tunggal putra, Irwansyah, mengatakan bahwa keikutsertaan Axelsen diharapkan agar mampu mengukur kekuatan pemain Indonesia.

"Kalau dibilang ada Axelsen semua jadi enggak ada harapan, tapi kalau bagi saya, harusnya main. Karena pemain kita mau mencoba terus, menggunakan strategi yang sudah kita buat. Tapi pilihan dia enggak main ya," ujarnya saat ditemui di sela latihan di Istora Senayan, Jakarta, Senin (23/1).

Baca Juga: Indonesia Masters 2023, Sekjen PBSI Sebut Kapasitas Penonton di Istora Kembali 100%

Menurut Irwansyah, meskipun Axelsen tetap ikut serta di Indonesia Masters 2023, ia yakin bahwa pemain Indonesia mampu melawan Axelsen bila menerapkan strategi yang sudah disusun.

Ia menilai strategi pemain asal Thailand, Kunlavut Vitidharsn, yang mampu menumbangkan Axelsen di laga final India Open 2023, Minggu (22/1), sama seperti yang sudah disusunnya untuk mengalahkan pemain peringkat satu dunia itu.

"Peluang kalau menurut saya, ada Axelsen juga, saya yakin pemain kita bisa. Tapi [strategi melawan Axelsen] waktu menjalankannya sedikit ragu. Memang strategi yang sudah dibuat, saat di lapangan enggak gampang [diterapkan]," ujarnya.

Sebelumnya, melalui unggahan di media sosialnya, pemain asal Denmark itu memutuskan untuk tidak berlaga di ajang ini. Ia mengaku fisiknya tidak dalam kondisi siap untuk mengikuti turnamen ketiga secara beruntun di awal tahun ini.

"I will unfortunately not be going to Indonesia. I had been looking forward to play in Istora in front of the amazing Indonesia badminton fans as always, but my body is not ready for another week of competition. [Sayangnya, saya tidak akan berangkat ke Indonesia. Saya sudah menanti untuk tampil di Istora di hadapan fans Indonesia, tapi badan saya tidak dalam kondisi fit]," cuitnya melalui akun Twitternya, dikutip Senin (23/1).

Baca Juga: Viktor Axelsen, Juara Tunggal Putra di Indonesia Masters 2022

Pada dua turnamen sebelumnya, Axelsen berhasil meraih gelar juara pada Malaysia Open 2023, serta menjadi runner-up di India Open 2023. Setelah melalui dua turnamen beruntun, ia memilih untuk tidak tampil di ajang Super 500 ini.

Di turnamen kali ini, Indonesia mengirimkan empat wakil yang sudah pasti berlaga, yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonathan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, serta Shesar Hiren Rhustavito. Sedangkan tiga wakil lainnya, yaitu Tommy Sugiarto, Ikhsan Leonardo Rumbay, serta Christian Adinata juga akan berlaga dimulai di babak kualifikasi.

41