Home Politik Survei Algoritma: Elektabilitas Ganjar di Atas Anies dan Prabowo

Survei Algoritma: Elektabilitas Ganjar di Atas Anies dan Prabowo

Jakarta, Gatra.com – Survei Algoritma Research and Consulting mengungkapkan elektabilitas dari para tokoh bakal calon presiden (capres). Elektabilitas Ganjar Pranowo bertengger paling atas, diikuti Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Demikian disampaikan oleh Direktur Riset dan Program Algoritma, Fajar Nursahid, dalam rilis hasil survei lembaganya di Jakarta, Senin (23/1). Survei kali ini mengambil tajuk "Proyeksi Politik 2023 Menuju Pemilu 2024: Antara Elektabilitas dan Resistensi".

Baca Juga: Survei Algoritma: Mayoritas Masyarakat Puas terhadap Kinerja Pemerintahan Jokowi-Maruf

Dalam survei ini, para responden ditanya soal siapa yang akan mereka pilih untuk menjadi presiden jika pilpres digelar saat ini. Sebanyak 25,1% responden akan memilih Ganjar,18,7% Anies, dan 16,6% Prabowo.

Hanya saja Fajar menerangkan, dalam survei ini para responden juga ditanya soal apakah pilihan mereka itu sudah final atau masih ada peluang untuk berubah. Sebanyak 54,6% responden menjawab masih dapat berubah, 28,2% sudah final, 11,2% tidak tahu, dan 6% tidak menjawab.

"Kita lihat lagi-lagi pilihan politik mereka pada capres masih volatile," ujar Fajar.

Ia menyampaikan, hasil survei juga menemukan bahwa swing voters dari ketiga sosok tersebut masih cukup besar. Ganjar memiliki swing voters 58,7% dan fixed voters 37,4%, Anies swing voters 60,8% dan fixed voters 35,2%, dan Prabowo swing voters 59,2% dan fixed voters 35,3%.

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Kian Meningkat Menurut Survei PRC, Ini Alasannya

Dalam survei ini, jumlah sampelnya sebanyak 1.214 responden yang terbagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih. Hasil dari survei ini mewakili pendapat penduduk usia dewasa atau usia pilih secara nasional.

Adapun margin of error survei ini +/- 3% dengan tingkat kepercayaan 95%. Data dalam survei ini diperoleh pada 19 sampai 30 Desember 2022 lewat wawancara tatap muka memakai kuesioner yang dilakukan oleh 66 enumerator.

37