Home Sumbagsel Diduga Korsleting, Mobil Angkut BBM Kobong di Jalinsum, Sopir Panik dan Kabur

Diduga Korsleting, Mobil Angkut BBM Kobong di Jalinsum, Sopir Panik dan Kabur

Muara Enim, Gatra.com- Sebuah mobil jenis Suzuki Carry Futura warna merah terbakar di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Selasa (24/1) sore.

Peristiwa kebakaran yang terjadi pada pukul 17.10 WIB tersebut spontan mengundang perhatian warga dan pengendara yang melintas.

Mobil dengan plat BG 1435 EL itu dikemudikan Suardi, 50 tahun, warga Tanjung Enim. Saat sedang melintas jalan Lintas Baturaja menuju Tanjung Enim, tiba-tiba terbakar dan pengemudi berhenti.

Salah satu saksi, Taufik mengatakan, saat itu dirinya kebetulan sedang memperbaiki kendaraannya di bengkel yang letaknya tidak jauh dari lokasi kejadian.

"Saat sedang bekerja tiba-tiba saya melihat ada sebuah kendaraan mobil Suzuki Carry Futura yang sedang melintas dalam keadaan terbakar dan kendaraan tersebut berhenti di tempat lokasi kejadian," ujarnya Rabu (25/1).

Saksi melihat sopir kabur melihat mobilnya kobong.  "Saya melihat sopirnya buru-buru keluar mobil, selang beberapa lama terdengar ledakan dan api semakin membesar. Sopir langsung melarikan diri dari lokasi kejadian dan menghilang," jelasnya.

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi didampingi Plt Kapolsek Lawang Kidul Iptu Yulisman mengatakan, dari hasil oleh TKP dan keterangan saksi-saksi, penyebab mobil tersebut terbakar diduga sementara akibat adanya hubungan pendek arus listrik dari dalam kendaraan.

"Mobil tersebut rupanya membawa BBM jenis Pertalite dengan menggunakan jerigen. Kemungkinan besar menyebabkan mobil meledak dan terbakar," ungkapnya saat dikonfirmasi Rabu (25/1).

Dalam mobil tersebut polisi menemukan barang bukti berupa tiga jerigen berkapasitas 30 liter yang diisi setengah jerigen bahan bakar jenis Pertalite. Kemudian ada tiga jerigen kondisinya kosong.

"Informasi awal pelaku ini melakukan pembelian di beberapa SPBU. Kejadian tersebut hanya kerugian materil mobil Suzuki Carry Futura warna Merah BG 1435 EL, sedangkan korban jiwa nihil," terangnya.

Saat ini, lanjut Kapolres, pihaknya telah memerintahkan unit Reskrim Polsek Lawang Kidul untuk melakukan pengembangan dan pengejaran terhadap pemilik atau sopir dari kendaraan tersebut.

Untuk Barang Bukti telah diamankan yakni 3 buah jerigen berisi masing-masing setengah jerigen jenis Pertalite, 3 buah jerigen dalam keadaan kosong, Satu unit kendaraan R4 jenis Suzuki Carry Futura BG 1435 EL warna Merah.

"Kita telah mendatangi lokasi dan mengamankan barang bukti serta memasang Police line sekitar lokasi kebakaran. Untuk sopir kita sedang melakukan pengejaran," tegasnya.

26