Home Olahraga Ginting Terhenti di Babak 16 Besar Indonesia Masters 2023

Ginting Terhenti di Babak 16 Besar Indonesia Masters 2023

Jakarta, Gatra.com - Tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting terhenti di babak 16 besar Indonesia Masters 2023. Melawan wakil China, Shi Yu Qi, di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (26/), Ginting takluk dalam straight game, 19-21, 15-21.

"Match hari ini cukup ketat dari awal sampai akhir. Lawan di poin terakhir inisiatif menyerangnya lebih agresif. Saya lebih masuk ke pola permainan dia," kata Ginting dalam konferensi pers usai laga, Kamis (26/1).

Pertemuan ini menjadi yang kedelapan bagi kedua pemain. Tertinggal 6-1 head-to-head sebelumnya, pada pertemuan terakhir keduanya di babak 16 Besar Kejuaraan Dunia 2022, Ginting berhasil menang melalui rubber game, 21-11, 13-21, 21-18.

Pertandingan berlangsung ketat di set pertama. Sempat tertinggal 8-11, Shi Yu Qi terus melaju hingga memimpin 10-14. Setelahnya, Ginting mendapat lima poin beruntun dan berbalik unggul. Namun, pemain China kembali menemukan permainannya dan terus menyerang. Imbang 19-19, mantan pemain peringkat dua dunia itu pun mengambil dua poin beruntun yang memastikan kemenangan.

Di game kedua, dominasi Shi Yu Qi masih sulit diimbangi Ginting. Sempat imbang 14-14, serangan pemain China terus menghasilkan poin.

"Memang tadi lebih masuk ke pola permainan dia. Kita mengadu strategi juga, waktu perubahannya, saya lebih masuk pola permainan dia, khususnya di poin terakhir," ujarnya.

Meskipun terhenti di babak 16 besar Indonesia Masters 2023, Ginting mengaku cukup puas dengan performanya di awal tahun. Dalam dua turnamen sebelumnya, Ginting berhasil mencapai babak perempatfinal di Malaysia Open 2023, dan mencapai semifinal di India Open 2023.

"Sejauh ini senang dengan hasil di tiga turnamen. Kalau saya melihat setelah Thomas Cup tahun lalu, di awal tahun ini progress dan performa semakin baik. Di dalam lapangan lebih merasa percaya diri, jaga fokus, bisa menerapkan strateginyang didiskusikan," katanya.

Ke depan, ia mengaku akan berusaha lebih konsisten. Sebagai pemain peringkat dua dunia saat ini, ia akan terus meningkatkan permainannya.

"Saya bersyukur karena itu suatu pencapaian pribadi juga. Tapi masih ada yang harus ditingkatkan. Semoga juga bisa jadi tambah percaya diri, dengan ini bisa terus berprestasi," pungkasnya.

128