Home Olahraga Ajax Amsterdam Ganti Pelatih, John Heitinga Punya Tugas Berat

Ajax Amsterdam Ganti Pelatih, John Heitinga Punya Tugas Berat

Amsterdam, Gatra.com - Ajak Amsterdam telah memecat Alfred Schreuder dari jabatanya sebagai pelatih tim.

Ini tak lepas dari hasil buruk Ajax yang tak pernah menang dalam 7 pertandingan terakhirnya di Eredivisie Belanda. Di 7 laga itu, Ajax 1 kali kalah dan 6 kali imbang.

Baca Juga: Real Madrid Bungkam Valencia, Masih Tertinggal 5 Angka dari Barcelona

Ajax pun akhirnya menunjuk John Heitinga sebagai arsitek tim. Hetinga langsung membawa dampak besar. Ajax menang 1-4 saat bertandang ke markas Excelsior. Hasil ini membuat Ajax memutuskan Heitinga sebagai pelatih kepala hingga akhir musim.

Hanya saja, saat ini Ajax masih berada di peringkat keempat klasemen Eredivisie Belanda. Ajax yang mengemas 37 poin masih tertinggal 5 angka dari Feyenoord yang ada di puncak. Padahal musim lalu, Ajax merupakan juara Liga Belanda.

Kepala Eksekutif Ajax Amsterdam Edwin van der Sar yakin bahwa ini adalah solusi yang tepat. John berada di jalan yang jelas dan mantap, yang telah mengakibatkan dia mengembangkan dirinya dengan sangat baik selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Fiorentina Amankan Tiket 4 Besar, Sofyan Amrabat Masih Berbaju Ungu

"Gerry Hamstra, Klaas Jan Huntelaar, dan saya telah melakukan beberapa percakapan, dan kami jelas mengadakan beberapa dengan John. Kami merasa yakin tentang kualitas John dan visi yang dia miliki," ujarnya, seperti dilansir dari laman resmi klub.

Sambil mencari tambahan untuk staf teknis, semua dengan suara bulat menyetujui Dwight Lodeweges sebagai asisten pelatih. Pengetahuan dan pengalaman pembinaannya yang luas bekerja, melengkapi John dan staf lainnya.

"Tim sekarang harus menang, bekerja pada kepercayaan diri mereka, dan mengembangkan diri mereka lebih jauh. Kami masih harus banyak berjuang untuk musim ini," tegas Edwin van der Sar.

Baca Juga: Tottenham Aktif Datangkan Amunisi Baru, Antonio Conte Sakit Perut Parah

Sejak musim panas 2021, John Heitinga telah menjadi pelatih kepala Ajax U23. Heitinga sendiri sebelumnya juga merupakan pemain Ajax. Sebelum kembali ke Ajax pada 2015, Heitinga bermain untuk Atlético Madrid, Everton, Fulham, dan Hertha BSC.

Setelah berhenti bermain sepak bola pada 2016, Heitinga memiliki beberapa posisi kepelatihan di akademi muda Ajax. Pada 2016/2017, dia menjadi asisten pelatih Marcel Keizer di Ajax U23, dan memimpin tim yunior terbaik, U18 saat ini, antara 2017 dan 2021.

185