Home Hukum Kapolri Ingatkan Jajarannya Waspada Karhutla dan Polarisasi Politik 2024

Kapolri Ingatkan Jajarannya Waspada Karhutla dan Polarisasi Politik 2024

Jakarta, Gatra.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan jajarannya untuk untuk waspada terkait potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah yang rawan. Hal ini ditegaskan Sigit usai menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) Polri di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (9/2).

"Terkait masalah karhutla hari ini kita juga sudah bahas. Kita ingatkan ke polda-polda yang memang selama ini menjadi polda-polda yang sering terjadi karhutla untuk segera mengaktifkan kembali satgas," ujar Sigit.

Selain itu, Sigit menekankan perlunya kesiapan pemantauan asap atau kebakaran secara digital melalui aplikasi. Dengan begitu, ia berharap saat ditemukan titik api, langsung bisa dipadamkan. "Alat-alat yang harus disiapkan manakala terjadi kebakaran itu semua kita minta untuk diaktifkan," ucapnya.

Baca Juga: Polri Sebut Anton Gobay Nganggur Setelah Sekolah Pilot

Dalam kesempatan itu, Sigit juga menyinggung soal kesiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ia meminta jajarannya mempersiapkan proses pengamanan. Kemudian, kata Sigit, langkah-langkah untuk meredam terjadinya polarisasi yang mengarah pada politik identitas akan disiapkan Polri.

"Dengan cooling system bekerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh daerah dan seluruh elemen masyarakat sehingga kita selalu ingatkan yang namanya persatuan dan kesatuan harus kita jaga walaupun tentunya ada perbedaan pilihan," kata Sigit.

40