Home Milenial Dukung Pelestarian Budaya, Mandiri Dukung Jakarta Open Championship Pencak Silat 2023

Dukung Pelestarian Budaya, Mandiri Dukung Jakarta Open Championship Pencak Silat 2023

Jakarta, Gatra. com – Bank Mandiri terus berupaya mendukung pelestarian budaya bangsa Indonesia dengan mengembangkan pencak silat sebagai bagian dari kebudayaan bangsa. Perguruan Silat Nasional Perisai Putih DKI Jakarta didukung oleh Bank Mandiri dalam menyelenggarakan Kejuaraan dan Festival Pencak Silat Jakarta Open Championship 2023 yang berlangsung mulai tanggal 17 – 19 Februari 2023 di Padepokan Pencak Silat TMII.

Kejuaraan ini diikuti oleh total 863 peserta yang berasal dari 87 kontingen dan 45 perguruan silat nasional. Peserta terbagi menjadi peserta pertandingan olahraga sebanyak 559 orang dan festival seni sebanyak 304 orang yang dibagi dalam kategori perorangan, berpasangan, kelompok untuk peserta SD, SMP/MTS, SMA/SMK dan Mahasiswa/Umum.

Sedangkan untuk kategori kejuaraan terbagi menjadi kategori tanding, seni tunggal, festival perorangan, festival berpasangan dan festival berkelompok.

Kejuaraan ini dibuka oleh PB IPSI dan dihadiri oleh Ketua IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) kota di DKI Jakarta, Ketua KONI, Ketua IPSI DKI Jakarta, (Sesmenpora), serta ketua perguruan lainnya. Direktur Jaringan dan Retail Banking Mandiri Aquarius Rudianto selaku penasihat Kejuaraan dan Festival Pencak Silat Jakarta Open Championship 2023 menjelaskan pencak silat merupakan salah satu seni bela diri tradisional yang mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Untuk itu, Bank Mandiri berusaha untuk turut berkontribusi dalam menjaga dan mengembangkan salah satu warisan budaya bangsa ini.

"Kegiatan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi anak-anak calon atlit serta atlit-atlit pencak silat yang mampu meraih prestasi terbaiknya serta menjadi upaya meningkatkan pembinaan para atlit di kota provinsi guna menambah pengalaman bertanding, dan juga sebagai langkah awal persiapan menghadapi kejuaraan lain di tingkat nasional maupun internasional," ujar Aquarius, Jumat (17/2).

Bank Mandiri lanjut Aquarius turut memberikan dukungan berupa kegiatan literasi keuangan yang diperuntukkan bagi seluruh peserta dan pengunjung kejuaraan. Adapun, mayoritas peserta yang merupakan pelajar SD hingga Mahasiswa dapat melakukan pembukaan tabungan simpanan pelajar hingga tabungan online yang dibuka melalui aplikasi Livin’ by Mandiri.