Home Mikro E-Commerce Masih Menjadi Pilihan Belanja Kebutuhan Ramadan 2023

E-Commerce Masih Menjadi Pilihan Belanja Kebutuhan Ramadan 2023

Jakarta, Gatra.com- Ramadan selalu menjadi momen yang dinantikan masyarakat Indonesia termasuk para pelaku bisnis. Laporan The Trade Desk 2023 menunjukkan bahwa sebanyak 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadan tahun ini.

Demikian halnya laporan e-Conomy SEA Report 2022 juga menyebutkan bahwa sekitar 80% konsumen digital akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada 2023. Di sisi lain, berdasarkan data internal Tokopedia, selama Ramadan 2022, masyarakat tetap memilih e-commerce untuk berbelanja kebutuhan Ramadan.

“Terbukti dari adanya peningkatan jumlah product page view di Tokopedia sebesar lebih dari 50% dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77%,” ungkap Vice President of Marketing Solutions Tokopedia, Edwin Chayadi dalam acara ‘Kupas Tuntas Tren Ramadan 2022, Persiapkan Pelaku Bisnis Hadapi Ramadan 2023 dengan Tokopedia Marketing Solutions’ di Jakarta, Kamis (23/2).

Baca juga: UMKM Wajib Simak! Lima Tips dari Tokopedia, Jualan Online agar Tidak Langgar HKI 

Riset Tokopedia tentang tren Ramadan 2022 juga menunjukkan masyarakat mulai mencari dan berbelanja kebutuhan Ramadan sejak sebulan sebelumnya. Pencarian dan pembelian tertinggi terjadi pada minggu pertama hingga ketiga Ramadan, atau saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).

Vice President of Marketing Solutions Tokopedia, Edwin Chayadi dalam acara ‘Kupas Tuntas Tren Ramadan 2022, Persiapkan Pelaku Bisnis Hadapi Ramadan 2023 dengan Tokopedia Marketing Solutions’ di Jakarta, Kamis (23/2).(GATRA/Dok Tokopedia)

Edwin menjelaskan, Fesyen, Otomotif dan Aksesoris, Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, serta Smartphone dan Tablet menjadi beberapa kategori yang paling banyak dicari masyarakat sepanjang Ramadan 2022. Sedangkan kategori produk dengan jumlah transaksi tertinggi adalah Fesyen, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Otomotif dan Aksesoris, serta Rumah Tangga.

Subkategori yang juga mengalami lonjakan permintaan, meliputi Hampers dan Dekorasi, Bumbu dan Peralatan Masak, Gaming, Perlengkapan Travel dan Kecantikan. Edwin menambahkan, metode pembayaran cashless menjadi yang paling populer untuk berbelanja kebutuhan Ramadan. “Baik melalui transfer antar bank, dompet digital, kartu kredit dan GoPayLater Cicil,” tutur dia.

Baca juga: Produk Makanan Kekinian Sehat 2022 Laris di Tokopedia

Selain itu, lanjut dia, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir. Tokopedia juga bekerja sama dengan lebih dari 14 mitra logistik terpercaya dalam menghadirkan beragam pilihan pengiriman–seperti instan, same day, next day, kurir toko, reguler, ekonomi dan kargo–untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan dan preferensi konsumen.

252