Home Politik Demokrat Persilakan Anies Tentukan Cawapres untuk Pilpres 2024

Demokrat Persilakan Anies Tentukan Cawapres untuk Pilpres 2024

Jakarta, Gatra.com – Partai Demokrat mempersilakan Anies Baswedan untuk menentukan sosok bakal calon wakil presiden (Cawapres) yang akan mendampinginya dalam Pilpres 2024.

“Kami [Partai Demokrat] menyerahkan kepada beliau [Anies Baswedan] untuk bisa menentukan pasangannya,” kata Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam konferensi pers di DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (2/3).

AHY menyampaikan, sosok yang akan dipilih tentunya memiliki sejumlah kriteria yang diharapkan, termasuk dapat mendongkrak kans peraihan suara dan kemenangan pada Pilpres nanti.

“Tentunya mempunyai kesaman dalam visi perubahan tadi dan berbagai hal lain yang seharusnya dipertimbangkan agar kita sukses dan menang bersama,” ujarnya.

AHY menyampaikan, Partai Demokrat memberikan kebebasan kepada Anies Baswedan untuk memilih dan menentukan sosok bakal cawapres karena memberikan dukungan ?untuk satu pasang atau paket.

“Saya ingatkan bahwa pada 26 Januari 2023 yang lalu, sebetulnya secara resmi saya menyampaikan sikap dan posisi Partai Demokrat untuk mengusung Bapak Anies Baswedan sebagai capres Republik Indonesia, tentu dalam satu paket,” ujarnya.

AHY mengungkapkan, pertemuan sebelum konferensi pers yang berlangsung sekitar satu jam antara jajaran majelis tinggi Partai Demokrat dengan Anies Baswedan ini merupakan penegasan sikap Partai Demokrat.

“Ini juga sekaligus untuk menguatkan atau sebagai kekuatan hukum,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pertemuan Majelis Tinggi ini merupakan ketetapan hukum Partai Demokrat sesuai yang diatur di dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) Partai Demokrat tahun 2020.

“Bahwa kewenangan majelis tinggi partai untuk menentukan koaliasi dalam Pemilu dan juga menentukan pasangan capres dan cawapres,” ujarnya.

120