Home BUMN Wika dan Bukit Asam Gelar “Bazar UMKM BUMN untuk Indonesia” Edisi Ketiga

Wika dan Bukit Asam Gelar “Bazar UMKM BUMN untuk Indonesia” Edisi Ketiga

Jakarta, Gatra.com- Melanjutkan sukses kegiatan Bazar UMKM BUMN Untuk Indonesia di Gedung Sarinah Jakarta pada Januari dan Februari 2023 lalu, PT Wijaya Karya (Pesero) Tbk bersama PT Bukit Asam Tbk menggelar edisi ketiga event bazar serupa di tempat yang sama pada 9-12 Maret 2023.

Peresmian pembukaan dilakukan secara simbolis dengan pemukulan gendang oleh Direksi dari Wika dan Bukit Asam didampingi pejabat dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Gedung Sarinah Jakarta, Kamis (9/3).

Bazar UMKM BUMN Untuk Indonesia diselenggarakan oleh Kementerian BUMN setiap bulan sejak Januari hingga Desember 2023 dan dilaksanakan oleh dua BUMN untuk masing-masing edisi dengan durasi 4 hari pameran.

Direktur Quality, Health, Safety and Environment (QHSE) Wika, Ayu Widya Kiswari menyampaikan Bazar UMKM BUMN untuk Indonesia ini juga sekaligus menunjukan komitmen Wika dalam pemberdayaan UMK yang tergabung sebagai mitra binaan Wika.

"Wika punya komitmen yang kuat untuk memastikan usaha dari mitra binaan Wika secara konsisten mengalami pertumbuhan melalui program bimbingan dan perluasan jangkauan pasar," jelas Ayu.

Baca juga: Di 49 Tahun, Kospin JASA Permudah Anggotanya Jadi UMKM Go Digital

Rangkaian kegiatan bazar setahun penuh tersebut turut menandai ulang tahun perak (HUT ke-25) Kementerian BUMN, sebagai bagian tak terpisahkan dari upaya mendorong percepatan pemulihan ekonomi pada berbagai sektor. Termasuk pengembangan UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian berbasis ekonomi kerakyatan.

Penyelenggaraan Bazar UMKM BUMN 2023 bertujuan untuk memberi akses pasar yang lebih luas bagi UMKM dalam memasarkan produknya melalui interaksi langsung di lokasi pameran yaitu area Basement Gedung Sarinah dengan fasilitasi sistem transaksi digital dari platform marketplace www.padiumkm.id.

Empat Sektor Unggulan

Para peserta Bazar UMKM BUMN Untuk Indonesia edisi Maret 2023 terdiri dari UMKM mitra binaan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Bukit Asam serta pelaku usaha yang sudah on-boarding di marketplace PaDiUMKM dengan produk inovatif dari 4 sektor unggulan, terdiri dari Makanan dan Minuman dalam kemasan, Fesyen, Kriya, Kebugaran & Kecantikan.

Sektor makanan dan minuman menampilkan sebanyak 42 pelaku usaha mitra binaan Wika, Bukit Asam dan Rumah BUMN, yang semuanya memiliki tautan digital langsung ke www.padiumkm.id menawarkan beragam jenis produk makanan olahan berbasis buah (Nanas, Salak, dan lain-lain), ikan Lele, kue kering, cemilan, Sambal dan sebagainya.

Sektor kriya (Craft) hadir 31 pelaku usaha dengan ragam produk unggulan hasil kerajinan bambu, Totebag, Sling Bag, Tas Kosmetik, Dompet, ID Card Holder, Jam Tangan Kayu dan Resin serta aksesoris buatan tangan.
 
Sementara itu sebanyak 30 pelaku usaha fesyen menampilkan koleksi mutakhir ragam busana Busana Batik, Songket, Tenun Ikat, Sulam Usus, Jumputan, Busana Muslim dan aksesori fesyen.

Tak ketinggalan sebanyak 3 pelaku usaha kategori produk kecantikan dan kesehatan menampilkan ragam pilihan suplemen makanan seperti Immune Support 20ml, Natural Deodorant, Cold & Flu Balm, Secret Potion Organic Bodywash, Candy Soap Bar, Cleansing Oil, dan lain-lain.

"Produk-produk yang kami tampilkan di sini merupakan produk unggulan yang kami percaya akan menjadi daya tarik dan  peluang besar secara komersil di pasarnya masing-masing," ujar Ayu.

Caption

Direktur SDM PT Bukit Asam, Suherman mengucapkan terima kasih kepadaUMKM Mitra Binaan PT Bukit Asam yang berjualan Kopi Semendo dan Pempek pada kegiatan Bazar UMKM BUMN Untuk Indonesia di Gedung Sarinah Jakarta pada 9-12 Maret 2023. (GATRA/Dok BBI) Kementerian BUMN yang telah menyelenggarakan Kegiatan Bazar UMKM untuk Indonesia ini. Bulan Maret ini, kata dia, juga berbarengan dengan hari ulang tahun HUT PT Bukit Asam yang ke-42.

Dia mengatakan, ini komitmen PT Bukit Asam dalam melakukan pembinaan UMKM. Suherman menyatakan, para UMKM dibina dari Hulu ke Hilir. UMKM yang hadir dalam kegiatan ini, sambungnya, berasal dari empat Rumah BUMN yaitu Rumah BUMN Muara Enim. Rumah BUMN Banyuasin, Rumah BUMN Sawahlunto, dan Rumah BUMN Bandarjaya.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan Bazar UMKM yang diselenggarakan ini dapat membuat para UMKM Menjadi naik Kelas. Baik dari sisi penambahan Omset maupun dari bertambah nya jumlah tenaga kerja. Sehingga produknya bisa dikenal di tingkat nasional maupun mancanegara," kata Suherman.

Baca juga: Bangkitkan Pariwisata Bali, Dreamwell dan Netzme Tawarkan Digitalisasi Layanan QRIS

Selama 4 hari pameran juga disemarakkan dengan rangkaian kegiatan hiburan musik hidup, gelar wicara (talk show), mini theater, mini workshop, games & kuis berhadiah, dan senam kebugaran bertepatan dengan Hari Bebas Kendaraan. Dengan demikian para pengunjung mendapatkan keuntungan ganda.

Selain dapat berbelanja produk eksklusif unggulan UMKM dengan harga khusus selama pameran, juga berkesempatan interaksi langsung, bahkan bila beruntung dapat memperoleh hadiah menarik dalam berbagai kegiatan selama 4 hari Bazar UMKM untuk Indonesia.

143