Home Internasional Negara-negara Arab Sambut Baik Kesepakatan Diplomatik Arab Saudi - Iran

Negara-negara Arab Sambut Baik Kesepakatan Diplomatik Arab Saudi - Iran

Dubai, Gatra.com - Uni Emirat Arab (UEA) dan negara-negara Arab lainnya menyambut baik kesepakatan antara Arab Saudi dan Iran untuk menjalin kembali hubungan diplomatik, pada hari Jumat (10/3).

Al-arabiya melaporkan, Sabtu (11/3), kesepakatan yang juga mencakup pembukaan kembali kedutaan dan pertukaran duta besar dalam jangka waktu dua bulan tercapai, setelah pembicaraan yang berlangsung dari 6 Maret hingga 10 Maret di Beijing China.

Presiden China Xi Jinping telah berinisiatif untuk menjadi tuan rumah dan mensponsori pembicaraan antara delegasi dari Iran dan Arab Saudi, untuk menyelesaikan perselisihan melalui dialog dan diplomasi.

Baca Juga: Iran Nyatakan Siap Untuk Berdialog Dengan Arab Saudi

Penasihat diplomatik untuk Presiden UEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Anwar Gargash menyambut baik kesepakatan tersebut dalam sebuah tweet, “menyambut peran China.”

“Irak memuji kesepakatan itu sebagai “membalik halaman baru" antara Riyadh dan Teheran,” kata kantor berita negara negara itu pada hari Jumat. 

“Oman juga menyambut baik rencana itu, kata kementerian luar negerinya, seperti halnya Bahrain, mengutip kementerian luar negeri.

Baca Juga: Arab Saudi Kirim Pesan kepada Presiden Iran

Sekretaris Jenderal Dewan Kerjasama Teluk, Jassim Muhammad Al-Budaiwi juga menyambut baik kesepakatan tersebut, sebagaimana dilaporkan SPA.

“Mesir berharap perjanjian itu akan berkontribusi meredakan ketegangan di kawasan itu," kata kementerian luar negeri negara itu.

274