Home Nasional Besok Jokowi Kunjungi Labuan Bajo, Cek Kesiapan Venue KTT ASEAN Summit 2023

Besok Jokowi Kunjungi Labuan Bajo, Cek Kesiapan Venue KTT ASEAN Summit 2023

Labuan Bajo, Gatra.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi direncanakan akan mengunjungi Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Senin (13/3).

Kedatangan Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan, di antaranya beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju, guna mengecek kesiapan Venue KTT Asean Summith Ke-42 Tahun 2023 di Labuan Bajo pada bulan Mei mendatang.

Baca Juga: Keketuaan Indonesia Sukseskan ASEAN Sebagai Lokomotif Perdamaian dan Kesejahteraan Kawasan

Sesuai jadwal sementara yang diperoleh Gatra.com, Presiden Jokowi tiba pada Senin sore memiliki agenda selama dua hari di Labuan Bajo, 13-14 Maret 2023. Pada hari Selasa, 14 maret 2023, Presiden dijadwalkan akan meresmikan proyek jalan menuju kawasan MICE Tanah Mori sekaligus meninjau tempat (venue) pelaksanaan KTT ASEAN Summit 2023.

Usai meninjau Venue KTT ASEAN Summit, Presiden Jokowi dijadwalkan berkunjung ke Kawasan Puncak Waringin. Sore harinya, Presiden bersama Ibu Negara langsung terbang kembali ke Jakarta.

Berbagai persiapan pun telah dilakukan Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, unsur TNI-Polri, dan lembaga terkait untuk menyambut kedatangan RI 1 di Labuan Bajo.

Kapolda NTT, Irjen Pol. Johni Asadoma, mengatakan, persiapan menyongsong kedatangan Presiden di Labuan Bajo sudah mantap 100 persen. Dalam pengamanan kunjungan Presiden ini, Danrem 161/Wira Sakti Kupang, Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang selaku Dansatgas Pamwil NTT, telah memimpin Apel Gelar Pasukan.

“Dari sisi aparat semuanya sudah siap. Polda NTT menyiapkan lebih kurang 598 personel untuk membantu TNI dalam hal pengamanan kunjungan Pressiden ini," kata Irjen Johni Asadoma pada Minggu ( 12/3), usai mengikuti rapat persiapan di Kantor Bupati Manggarai Barat.

Baca Juga: Sumsel Kenalkan Cheng Ho Expedision di 34th ASEAN Summit

Lebih lanjut Irjen Johni menjebutkan, kunjungan Presiden Jokowi ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat ini sangat penting untuk melihat dari dekat persiapan kelancaran KTT ASEAN Summit para bulan Mei 2023 mendatang.

"Kami bersama TNI sudah siap menyukseskan kunjungan Presiden ini. Tentunuanya kami juga mengharapkan, masyarakat juga harus ikut mendukung," jelas Irjen Johni. 

91