Home Nasional Catat! Ini Sejumlah Titik Rawan Macet Saat Ramadan di Jakarta

Catat! Ini Sejumlah Titik Rawan Macet Saat Ramadan di Jakarta

Jakarta, Gatra.com - Polda Metro Jaya (PMJ) menyebut terdapat sejumlah titik di Ibu Kota Jakarta yang rawan macet imbas adanya pasar takjil saat bulan Ramadan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan, sejumlah titik tersebut adalah di daerah Bendungan Hilir, Pasar Senen, dan beberapa traffic light. Namun, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan parah, pihaknya telah menyiapkan skenario guna mengurangi kemacetan.

“Pastinya (ada skenario lalin) seperti tahun kemarin hampir sama (pemetaannya). Di Benhil, di daerah Senen, di tempat-tempat itu," kata Latif kepada wartawan pada Rabu (22/3/2023).

Latif juga menghimbau para penjual takjil untuk tidak berjualan di pinggir jalan agar tidak mengganggu lalu lintas.

Selain itu, Latif menyebutkan bahwa ia telah mengerahkan para personilnya untuk menjaga tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan kemacetan.

“Kalau penjagaan tetap sesuai dengan ploting yang sudah ada, tempat tempat itu pasti kita ploting keamanan, untuk kelancaran. kita kan utamanya keamanan dan kelancaran lalu lintas," ujarnya.

Sebelumnya, PMJ akan melakukan pengamanan khusus jelang Ramadan yang akan berlangsung mulai besok Kamis (23/3/2023). Kabid Humas PMJ Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pihaknya akan melakukan pengamanan statis dan pengamanan preventif.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk menciptakan situasi yang nyaman dalam beribadah saat bulan Ramadan ini.

“Hal ini sebagaimana yang berada dalam maklumat Polda Metro Jaya nomor 2 tahun 2023 tanggal 15 Maret 2023,” ujar Trunoyudo kepada wartawan dikutip pada Rabu (22/3).

56