Home Nasional Kominfo Sebut 500 Media Diperkirakan Liput KTT ASEAN 2023

Kominfo Sebut 500 Media Diperkirakan Liput KTT ASEAN 2023

Jakarta, Gatra.com - Jelang KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo pada Mei 2023 mendatang Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyiapkan berbagai fasilitas bagi wartawan untuk meliput jalannya KTT ASEAN tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong saat Konferensi Pers Dukungan Persiapan Kominfo pada ASEAN Summit 2023 di Jakarta, Jumat (24/3).

“Kurang lebih nantinya ada 300 sampai dengan 500 wartawan yang akan meliput,” ujar Usman.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa KTT ASEAN akan berlangsung selama dua kali yakni pada Mei dan September 2023 mendatang. Usman menegaskan, akan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para media yang hendak meliput.

Baca juga: Jokowi Sebut Semua Negara Anggota Akan Hadiri KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

Pada KTT ASEAN nanti, Kominfo akan bertanggung jawab juga dalam pengelolaan website, meliputi konten web, siaran pers, artikel berita, infografik, dan video. Website tersebut diberi nama asean2023.id.

Nantinya para awak media akan ditempatkan di media center yang berpusat di Hotel Bintang, Flores. Kemudian semua registrasi awak media akan dilakukan secara online dan tidak ada pendaftaran secara offline.

Selain itu, Usman juga mengatakan untuk para awak media akan dibuatkan sistem redaksi secara bersama-sama yang melibatkan Kominfo, Kementerian Luar Negeri, dan Kantor Staf Kepresidenan (KSP).

51