Home Ekonomi SWA Beri Penghargaan Corporate Secretary Champions 2023

SWA Beri Penghargaan Corporate Secretary Champions 2023

Jakarta, Gatra.com- SWA Media Group dan Spot Corporate Communication gelar ajang Corporate Secretary Champions 2023. Tujuan kompetisi ini adalah mendapatkan best practices dalam manajemen corsec yang telah diimplementasikan di banyak perusahaan, sehingga menjadi teladan bagi perusahaan lain.

“Dari banyak peserta, akhirnya penjurian Corporate Secretary Champions 2023 menetapkan skor minimal 80, terpilih 11 perusahaan, terdiri dari 10 perusahaan publik dan satu lembaga khusus dari Majelis Ulama Indonesia, yakni Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) untuk memberikan Sertifikasi Halal pada pangan, obat-obatan, dan kosmetik yang dijual ke konsumen,” jelas Group Chief Editor SWA Media, Kemal E.Gani dalam webinar di Jakarta, Kamis (30/3).

Elvyn G. Masassya, salah satu juri Corporate Secretary Champions 2023, menjelaskan, secara umum kualitas para finalis ajang ini memadai dan memiliki keinginan untuk menerapkan peran corsec secara optimal di perusahaan masing-masing. Namun, level implementasinya bervariasi, ada yang baru memulai, ada pula yang sudah advance.

Sementara Milawarma, salah satu juri lainnya Corporate Secretary Champions 2023, berpendapat,  ajang  kompetisi ini  tepat sebagai benchmarking dan penerapan fungsi corsec yang baik sesuai dengan standar korporasi ataupun penyesuaian best practice sesuai dengan perubahan dan tuntutan global, misalnya tentang environment, social, governance, (ESG).

“Fungsi corsec sebagai pivot sangatlah krusial, baik secara internal tata kelola perusahaan dan secara eksternal dengan para pemangku kepentingan,” ucap Milawarma.

Guna mengapresiasi para jawara Corporate Secretary Champions 2023, SWA Network menggelar webinar dan virtual awarding Corporate Secretary Champions 2023 dengan tema ‘New Challenge & New Strategic Roles of Corporate Secretary in the Disruption Era.’

Webinar dibuka oleh Kemal E.Gani selaku Group Chief Editor SWA Media. Setelah itu dilakukan diskusi dengan tiga narasumber. Mereka adalah Direktur & Corporate Secretary PT Indocement Tunggal Perkasa Tbk, Antonius Marcos; Corporate Secretary PT Golden Energy Mines Tbk, Sudin SH; dan Corporate Secretary PT Campina Ice Cream Industry Tbk, Sagita Melati.

Corporate Secretary LPPOM MUI, Raafqi Ranasasmita mengatakan, Corsec LPPOM MUI terdiri dari departemen Secretary yang banyak mengelola kebutuhan direksi dan surat-menyurat perusahaan. Kemudian, departemen Corporate Communication, yang mengarahkan dan mengendalikan pengelolaan kegiatan komunikasi korporat, hubungan antarkelembagaan, dan corporate social responsibility (CSR).

Serta Legal Compliance untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi, memastikan perjanjian yang dilakukan LPPOM MUI sesuai dengan hukum dan tidak merugikan. Juga Creative Center, yang mengelolaa media sosial dan produk kreaktif untuk meningkatkan corporate branding.

“Kehadiran Corsec LPPOM MUI ini dimaksudkan agar bisa menjalin hubungan yang lebih baik dengan pemangku kepentingan, termasuk lembaga pemerintahan, dan membangun meningkatkan kepercayaan mereka terhadap lembaga ini,” ungkapnya.

329