Home Ekonomi Puluhan Perusahaan Raih Penghargaan Indonesia Original Brands & Most Reputable Companies 2023

Puluhan Perusahaan Raih Penghargaan Indonesia Original Brands & Most Reputable Companies 2023

Jakarta, Gatra.com- Majalah SWA dan Business Digest kembali memberikan penghargaan kepada merek-merek asli Indonesia yang berhasil meraih pengakuan pelanggan dalam menciptakan kepuasan, loyalitas dan advokasi pelanggan, melalui Indonesia Original Brands & Most Reputable Companies 2023: Building Great Reputation in the Fast Changing Era: Brands and Companies di Jakarta.

Adapun merek-merek asli Indonesia yang mendapatkan penghargaan Indonesia Original Brands 2023 antara lain MS Glow (kategori Skincare), Federal Oil (kategori Oli Motor) dan Indocafe Coffeemix (Kopi Instan). Juga Madu TJ (Madu), FreshCare (Minyak Angin Aromatherapy), Hotin Cream (Krim Nyeri Otot) dan Campina (Es Krim).

Lalu Ladaku (Merica Bubuk),  LM Antam (Logam Mulia/Emas Batangan) dan Polytron (Lemari Es, Mesin Cuci, AC). Serta PT Bank Syariah Indonesia (Bank Syariah), Solaria (kategori resto berjaringan) serta TIKI (Kurir).

Baca jugaSWA Beri Penghargaan Corporate Secretary Champions 2023

Wakil Pemimpin Redaksi Majalah SWA, Kusnan M. Djawahir mengungkapkan, branding merupakan hal yang sangat penting di era digitalisasi. Saat ini, dunia bergerak cepat namun branding tetap menjadi hal yang  sangat krusial.

“Penghargaan Indonesia Original Brands 2023 ini sudah berlangsung selama 12 tahun. Penilaian dilakukan oleh 5.000 pelanggan yang kami survei dan tersebar di 6 kota besar seperti Jakarta, Semarang dan Surabaya," jelas Kusnan dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa (19/9).

Dia menjelaskan, parameter yang diukur dalam penghargaan Indonesia Original Brands 2023 adalah Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Advokasi Pelanggan, dan Daya Saing terhadap Merek Asing.

Baca juga: SWA Apresiasi Perusahaan-Perusahaan Terbaik Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Untuk kali pertama, Majalah SWA dan Business Digest juga memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang mampu membangun dan menjaga reputasi perusahaan mereka sehingga mendapatkan persepsi yang positif di masyarakat melalui Indonesia Most Reputable Companies Award 2023.

GM External Corporate Communication Telkomsel, Aldin Hasyim mengungkapkan, Telkomsel memerlukan waktu panjang dalam membangun reputasi perusahaan dari perusahaan telekomunikasi menjadi perusahaan digital telko.

“Perjalanan menjadi perusahaan digital telko itu sebenarnya diawali dengan mimpi Telkom untuk bisa mempunyai produk seperti Youtube, Netflix atau Spotify. Namun itu bukan hal yang mudah karena tidak gampang dan apabila sudah dibuat apakah laku di pasar?,” ungkap Aldin.

Karena itu, Telkom kemudian mendirikan perusahaan ventura pada 2019 yang mempunyai 17 portofolio, seperti Halodoc, Kredivo dan Sicepat. Menurut Aldin, baru pada 2020, Telkom memutuskan investasi di salah satu platform nasional sebesar Rp 6,4 triliun yang diharapkan bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Tahun ini, Telkom resmi mengelola Indihome sehingga akhirnya lengkap mempunyai layanan seluler, fix broadband, fix wireless access dan kemudian menggabungkan semuanya menjadi TelkomselOne.

“Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam membangun reputasi perusahaan antara lain identitas perusahaan, arah bisnis, manajemen komunikasi yang efektif serta budaya perusahaan,” jelas Aldin.

Baca juga: SWA dan Business Digest Apresiasi Perusahaan dan Brand yang Sukses Jalankan Costumer Engagement

Adapun perusahaan yang mendapatkan penghargaan Indonesia Most Reputable Companies Award 2023 antara lain PT Prudential Life Assurance (kategori Asuransi Jiwa), PT Pertamina (Persero) (Energi) dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) (BUMN Public Service).

Juga PT Panasonic Gobel Indonesia (Consumer Electronic) dan PT Supra Primatama Nusantara (Biznet) (Internet Broadband). Juga PT Agung Podomoro Land Tbk (Properti) dan PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk & PT. Telkomsel (Telekomunikasi).

Kemudian PT Tempo Scan Pacific Tbk (Farmasi) dan PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) (Perusahaan Penjaminan). Serta PT Jasa Raharja (Asuransi Sosial), PT Bank Syariah Indonesia Tbk (Bank BUMN) dan Astra Credit Companies (Multifinance).

197