Home Olahraga Women's Finalissima: Inggris Juara, Kalahkan Brasil Lewat Adu Penalti

Women's Finalissima: Inggris Juara, Kalahkan Brasil Lewat Adu Penalti

London, Gatra.com - Timnas Wanita Inggris tampil sebagai juara Women's Finalissima 2023.

Inggris sukses menundukkan Brasil lewat adu penalti dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Wembley, Jumat (7/4) dini hari WIB.

Baca Juga: Indonesia Terhindar dari Sanksi Berat, Dana FIFA Forward 3.0 Dibekukan

Women's Finalissima mempertemukan juara Eropa dengan juara Amerika Latin. Inggris pun menjadi juara pertama di ajang ini, setelah UEFA dan Conmebol melakukan penandatanganan kesepakatan pada 2022 lalu.

Di pertandingan tersebut, Inggris sukses membuka skor lebih dulu di menit ke-23. Ella Toone berhasil membobol gawang Brasil yang dikawal Leticia Izidoro. Skor 1-0 ini bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Brasil terus mencoba menyamakan kedudukan. Namun sejumlah peluang yang mereka miliki selalu dimentahkan para pemain Inggris.

Namun drama terjadi di menit-menit akhir pertandingan. Andressa Alves membobol gawang Inggris di menit 90+3. Skor 1-1 akhirnya mewarnai laga di waktu normal.

Tak ada babak perpanjangan waktu. Pemenang pun harus ditentukan lewat adu tendangan penalti.

Baca Juga: Fiorentina Amankan 1 Kaki di Babak Final

Geogia Stanway yang menjadi penendang pertama, sukses membawa Inggris memimpin. Namun Adriana sukses menyamakan kedudukan.

Penendang kedua Inggris Ella Toone gagal. Beruntung, penendang dari Brasil Tamires Britto juga gagal.

Rachel Daly yang menjadi penendang ketiga, kembali membawa Inggris memimpin. Sayangnya, penendang Brasil Rafaelle Souza gagal. Alex Greenwood kembali membawa Inggris menjauh. Namun Kerolin sempat mempertipis ketertinggalan.

Inggris akhirnya tampil sebagai pemenang, setelah penendang kelimanya Chloe Kelly sukses menjalankan tugasnya. Inggris pun menang dengan skor 4-2.

233