Home Nasional Menteri ATR/BPN Resmikan Acara GTRA Summit 2023

Menteri ATR/BPN Resmikan Acara GTRA Summit 2023

Jakarta, Gatra.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto telah resmi membuka kegiatan kick off meeting Gugus Tugas Reforma Agraria Summit (GTRA Summit) yang akan diselenggarakan di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau pada 28-30 Agustus 2023 mendatang. Menurutnya, acara GTRA summit ini akan akan menjadi wadah koordinasi lintas sektor untuk mempercepat pelaksanaan Program Strategis Nasional (PSN) Reforma Agraria.

"Pertemuan puncak dari rangkaian pembahasan lintas sektor yang difasilitasi GTRA Summit 2023 diharapkan dapat mengintegrasikan serta memadukan kebijakan-kebijakan pertanahan antar kementerian/ lembaga dan pemerintah daerah untuk menyukseskan Reforma Agraria," kata Hadi di Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta, Selasa (11/4).

Baca juga: Ini Penjelasan Kementerian ATR/BPN soal Peserta Lulus Ujian PPAT Tak Mendapat SKL

Sejalan dengan tema yang diusung tahun ini, pembahasan dalam GTRA Summit 2023 akan difokuskan pada empat tema. Keempat bahasan tersebut meliputi penguatan skema legalisasi aset permukiman di atas air, pulau-pulau kecil, dan pulau kecil terluar atau terdepan. Kemudian, resolusi penyelesaian 'Legal vs Legitimate' BMN, BUMN/ BMD, kawasan hutan, pertambangan vs penguasaan masyarakat. Lalu, arah kebijakan penyelesaian tanah transmigrasi,dan percepatan redistribusi tanah dari pelepasan kawasan hutan.

"Masyarakat yang tinggal di atas permukaan air seperti Suku Bajo juga menjadi perhatian untuk mendapat keadilan," kata Hadi.

Baca juga: Gubernur Khofifah Bersama Menteri ATR/BPN Deklarasikan Kota Madiun Kota Lengkap Pertama di Jatim

Dimulai pada Mei hingga Agustus yang merupakan pertemuan puncak GTRA Summit 2023, akan dilaksanakan serangkaian webinar terkait tema-tema khusus yang telah ditentukan. Rencananya, webinar tersebut akan diadakan rutin setiap dua minggu sekali.

Demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat, dengan difasilitasi dalam GTRA Summit 2023 seluruh pihak terkait perlu bekerja sama menyelesaikan persoalan dan mengesampingkan ego sektoral, kepentingan pribadi, ataupun kelompok. Forum GTRA Summit ini menjadi wadah yang tepat dalam rangka menyelesaikan permasalahan lintas sektoral.

258