Home Ekonomi CurrenShe, Kampanye Dedikasi Perempuan Indonesia Raih Spikes Asia 2023

CurrenShe, Kampanye Dedikasi Perempuan Indonesia Raih Spikes Asia 2023

Jakarta, Gatra.com – Dentsu Indonesia bersama Bank OCBC NISP menjadi satu-satunya pemenang dari Tanah Air di ajang Spikes Asia 2023 atas kampanye CurrenShe. Kampanye ini merupakan dedikasi bagi perempuan Indonesia agar terus berkontribusi membangun ekonomi bangsa.

Chief Creative Officer dentsu Indonesia, Andreas, di Jakarta, Minggu (16/4), mengatakan, dalam ajang tersebut pihaknya meraih dua penghargaan, yakni Bronze untuk kategori Brand Experience & Activation dan Mobile Technology-Augmented Reality (AR).

Ia menjelaskan, penghargaan ini menambah rekam jejak dentsu Indonesia serta Dentsu Creative Indonesia dalam menghasilkan karya terbaiknya untuk klien dan masyarakat luas dalam industri kreatif, khususnya lingkup pemasaran.

Terlebih lagi, kata dia, ini mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional karena dentsu Indonesia juga menjadi satu-satunya perusahaan pemasaran yang lolos dan memenangkan ajang Spikes Asia 2023.

Dalam ajang tersebut, dentsu Indonesia tercatat lolos sebagai nominasi dengan total 6 kategori dengan 3 kampanye, 3 di antaranya menjadi satu-satunya finalis dari Indonesia dalam kategori Direct (Culture & Context), Social & Influencer dan Mobile Technology- AR. Selain itu, 3 kategori lain yang berhasil diperoleh masuk ke dalam Outdoor (Ambient & Experiential) serta Brand Experience & Activation.

“Kebanggaan dari Dentsu Creative Indonesia dan seluruh talenta terbaik kami di sini, menjadikan karya yang diakui di mata internasional,” katanya.

Menurut Andreas, ini merupakan wujud dan usaha pihaknya untuk selalu memacu seluruh pihak di dentsu Indonesia guna menciptakan kreativitas modern yang inovatif, membentuk budaya baru, dan mengubah masyarakat.

Adapun kampanye “CurrenShe” oleh Bank OCBC NISP sebagai bagian dari program #TAYTB Women Warriors. Kampanye ini berangkat dari data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) bahwa kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Nasional Negara mencapai 61,1% pada tahun 2021.

“Bahkan, sebagian besar UMKM (64,5% atau 37 juta) di Indonesia dikelola oleh perempuan sehingga peran womenpreneur dalam mendukung perekonomian Indonesia sangat signifikan,” ujarnya.

Lebih lanjut, survei dari Bank Indonesia (BI) membuktikan bahwa proporsi perempuan pada posisi strategis perusahaan terus bertumbuh, serta terdapat proyeksi tambahan PDB dunia sebesar US$ 28 triliun apabila terdapat kesetaraan gender.

Dengan demikian, melalui inisiatif “CurrenShe” ini diharapkan dapat mengingatkan kembali bahwa Indonesia juga dibangun oleh para perempuan tangguh dan hebat. Selain itu, “CurrenShe” juga memiliki tujuan menularkan semangat guna mendukung perempuan agar dapat semakin berkontribusi terhadap perekonomian negara secara maksimal.

“'CurrenShe' mendorong pentingnya representasi perempuan pada dunia bisnis dan ekonomi dengan menjadikan uang yang merupakan simbol ekonomi sebagai media,” ujarnya.

Lebih lanjut Andreas menyampaikan, kampanye ini memanfaatkan teknologi AR sehingga masyarakat dapat mengenal lebih dekat beberapa tokoh pahlawan perempuan Indonesia yang berperan besar dalam perjuangan kemerdekaan dan kesetaraan sejak zaman kolonial.

Untuk menggaungkan kampanye “CurrenShe”, kata dia, Bank OCBC NISP juga mengundang masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk menghadiri Art Installation bertajuk ‘Perempuan Kuat Ekonomi Bangsa Hebat’ yang diselenggarakan di Mall Sarinah Thamrin pada 3-24 November 2022 lalu.

“Selain Spikes Asia, pada bulan April 2023, kampanye 'CurrenShe' juga menjadi finalis dalam ajang One Show 2023 bersama sejumlah karya terbaik Dentsu Creative dari berbagai negara,” ujarnya.

Sebelum memenangkan sejumlah penghargaan di Spikes Asia 2023, dentsu Indonesia juga mencatat sejumlah kemenangan internasional pada tahun 2022 di ajang Campaign Asia, WARC Awards for Asian Strategy, MMA Smarties APAC, Marketing Excellence Awards, YouTube Works, serta memborong 3 penghargaan ‘Agency of The Year’ ajang industri kreatif ternama lokal Citra Pariwara.

EVP, Head of Marketing & Lifestyle Business Bank OCBC NISP, Amir Widjaya, menambahkan, pihaknya percaya bahwa pendekatan komunikasi yang inovatif akan memberikan inspirasi bagi masyarakat luas.

“Sebuah kehormatan bagi kami dapat berkolaborasi dengan denstu Indonesia dan bersama-sama turut memenangkan penghargaan prestisius di ajang internasional,” ungkapnya.

Adapun Spikes Asia 2023 merupakan ajang penghargaan internasional di Asia untuk para pelaku industri kreatif dan pemasaran. Ajang ini juga menjadi salah satu penghargaan tertua yang terkoneksi dengan Cannes Lions untuk mengapresiasi para praktisi ternama di bidangnya dalam bidang pemasaran, seperti media cetak, video, audio, desain, kampanye digital, dan sejumlah medium lainnya.

125