Home Olahraga Pebulu Tangkis PB Djarum Siap Tampil Maksimal di Polytron Superliga Junior 2023

Pebulu Tangkis PB Djarum Siap Tampil Maksimal di Polytron Superliga Junior 2023

Jakarta, Gatra.com – Kejuaraan Polytron Superliga Junior 2023 mulai dihelat di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah, Senin–Minggu (8–14/5). Sejumlah 279 atlet dari 13 klub dalam dan luar negeri siap bertarung memperebutkan piala hingga hadiah lebih dari Rp1 miliar.

Salah satu atlet U-19 dari klub PB Djarum, Moh. Zaki Ubaidillah, mengatakan, siap mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya demi meraih podium memboyong Piala Liem Swie King bersama rekan setimnya.

Pebulu tangkis yang menyabet juara Piala Presiden 2022 tersebut telah menjalani berbagai persiapan rutin, baik fisik maupun mental demi meraih targetnya di ajang kejuaraan Polytron Superliga Junior 2023 tersebut.

Baca Juga: Tujuh Negara Perebutkan Piala Liem Swie King dan Susy Susanti Kejuaraan Polytron Superliga

“Kami sudah melakukan latihan secara rutin dari jauh-jauh hari agar bisa tampil prima dan mendapat hasil maksimal,” katanya.

Zaki mengungkapkan, meskipun lawannya cukup berat dan banyak dari atlet luar negeri, tapi tim dari PB Djarum tetap optimistis untuk meraih target optimal dalam kejuaraan tersebut.

“Saya sangat antusias jelang Polytron Superliga Junior 2023. Karena saya dan tim memiliki target untuk meraih piala,” katanya.

Ratusan alet bulu tangkis junior dari Indonesia dan sejumlah negara, di antaranya Malaysia, Chinese Taipei, Vietnam, Thailand, Singapura, dan Hong Kong China bakal memperebutkan empat piala bergengsi, yaitu Piala Liem Swie King (U-19 Putra), Piala Susy Susanty (U-19 Putri), Piala Hariyanto Arbi (U-17 Putra), dan Piala Yuni Kartika (U-17 Putri).

Untuk kategori U-17, terdapat tujuh klub yang akan adu kemampuan terbaik, yaitu PB Djarum Kudus, PB Jaya Raya, PB Mutiara Cardinal Bandung, Indihome Gideon Badminton Academy, Badminton Associaton of Malaysia, Banthongyord Badminton School Thailand, Hong Kong China Team, dan Singapore Badminton Association.

Sedangkan pada kategori U-19, klub yang akan menurunkan atlet terbaiknya, antara lain PB Djarum Kudus, PB Jaya Raya, Vietnam Team, PB Mutiara Cardinal Bandung, Tjakrindo Masters Sony Dwi Kuncoro Badminton Training, PB Power Rajawali, Daihatsu Yonex Sunrise Candra Wijaya Club, Chinese Taipei U-19, dan Singapore Badminton Association.

Polytron Superliga Junior 2023 menawarkan total hadiah lebih dari Rp1 miliar. Di kategori U-19 yang memperebutkan Piala Liem Swie King dan Piala Susy Susanti, masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah sebagai Juara I Rp150 juta, Juara II Rp75 juta, dan Juara III bersama Rp40 juta.

Sedangkan di U-17 yang memperebutkan Piala Hariyanto Arbi dan Piala Yuni Kartika akan mendapatkan hadiah sebagai Juara I Rp100 juta, Juara II Rp50 juta, dan Juara III bersama Rp25 juta untuk masing-masing kategori.

Laga yang dimulai pada pagi ini diprediksi bakal berlangsung seru dan menegangkan. Partai perdana akan mempertemukan Indihome Gideon Badminton Academy (Indonesia) dengan klub asal Thailand, Banthongyord Badminton School di kategori U-17 Putri. Masih di sektor yang sama, ketangguhan atlet-atlet muda PB Djarum bakal duji oleh skuad Badminton Associaton of Malaysia (BAM).

Bagi badminton lovers, bisa menyaksikan dan beri dukungan secara langsung kepada para atlet junior yang berlaga di GOR Djarum, Magelang. Penonton bisa datang langsung ke GOR dan menyaksikan berbagai laga secara gratis. Sedangkan yang tidak bisa datang langsung, dapat menyaksikannya melalui live streaming di YouTube Usee Sports, Maxtream, dan aplikasi Indihome TV atau Usee Sports Indihome TV.

Business Development Polytron, Christopher A Wirawan, mengatakan, Polytron Superliga Junior 2023 diharapkan menjadi ajang pembuktian diri para atlet muda Indonesia dengan memaksimalkan bakat bakat dan kemampuan yang dimiliki saat berlaga di atas lapangan.

Melalui ajang tersebut, lanjut Christopher, pihaknya mengharapkan dapat melahirkan pebulu tangkis, khususnya dari Indonesia yang kelak dapat melanjutkan tongkat estafet para legenda bulutangkis nasional dalam mendulang prestasi bagi Indonesia di panggung dunia pada masa mendatang.

“Polytron memiliki semangat yang sama dengan para atlet bulutangkis yang berjuang demi mengharumkan nama bangsa di panggung dunia,” ujarnya.

Ia menyanpaikan, melalui pertandingan yang mempertemukan para pebulu tangkis dari berbagai negara, para atlet nasional dapat membangun semangat juara serta pengalaman berharga bagi atlet-atlet muda yang bertanding.

“Karena mereka memiliki kesempatan untuk bertanding melawan pebulutangkis lain dari mancanegara di Polytron Superliga Junior 2023 ini,” ujarnya.

Ketua Umum Pengprov PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf, mengatakan, pihaknya mendukung penuh kembali digelarnya Polytron Superliga Junior. Ia berharap, kejuaraan bulu tangkis beregu yang mengadaptasi format beregu Piala Thomas dan Uber ini menjadi ajang bagi para atlet junior mengembangkan kualitas bertanding maupun mengasah mental untuk melangkah ke kejuaraan yang lebih tinggi.

“Dengan format beregu, atlet-atlet kita tidak hanya harus menampilkan kemampuan terbaik di atas lapangan, tapi juga membangun nilai-nilai kekompakan, kerja sama dan soliditas sebagai tim. Manfaatkan sebaik mungkin kejuaraan ini sebagai ajang untuk mengembangkan potensi,” kata Basri.

Baca Juga: Sebanyak 35 Atlet PB Djarum Diguyur Bonus Ratusan Juta

Direktur Superliga, Achmad Budiharto, mengucapkan selamat bertanding untuk ratusan atlet yang berpartisipasi dalam Polytron Superliga Junior 2023. Setelah terakhir diselenggarakan pada 2019 lalu, dengan beragamnya partisipan dari berbagai negara maupun klub tahun ini, diharapkan dapat menigkatkan sisi kompetitif yang memacu semangat dan daya juang serta kekompakkan tim dalam pertandingan format beregu.

“Kejuaraan ini diharapkan menjadi ajang untuk meningkatkan level atlet-atlet junior di Kawasan Asia sehingga kelak melahirkan juara-juara yang tak hanya berprestasi di kawasan Asia tapi juga panggung dunia,” katanya.

Secara khusus ia berpesan kepada atlet dan klub dari Indonesia agar menjadikan Polytron Superliga Junior 2023 sebagai sarana untuk memetakan kekuatan negara lawan dan mengasah bakat, mental serta teknik para atlet muda yang kita miliki,” ujar Budiharto.

143