Home Internasional Arkeolog: Rekonstruksi Wajah Raja Firaun Mesir Tutankhamun

Arkeolog: Rekonstruksi Wajah Raja Firaun Mesir Tutankhamun

London, Gatra.com - Wajah Firaun Mesir Raja Tutankhamun baru saja direkonstruksi. The Independent melaporkan pada hari Kamis (1/6).

Para ilmuwan yang melakukan rekonstruksi dan studi menerbitkan hasilnya di Jurnal Anatomi dan Embriologi Italia.

“Melihatnya, kami melihat lebih banyak siswa muda daripada politisi yang penuh tanggung jawab, yang membuat tokoh sejarah ini semakin menarik,” kata rekan penulis Cicero Moraes kepada MailOnline, seperti dilansir The Independent.

“Menghadapi studi yang kami kembangkan dengan data dari orang yang masih hidup, membandingkan proyeksi dengan pengukuran sebenarnya, kami yakin ada kesesuaian yang baik dengan wajah asli,” tambah Moraes.

Baca Juga: Wow! Belati Firaun Bocah Tutankhamun Berasal dari Ruang Angkasa

Sejumlah ahli Mesir dan arkeolog Michael Habicht dari Universitas Flinders Australia mengatakan rekonstruksi baru itu "sangat mirip" dengan yang dilakukan oleh tim Prancis, beberapa tahun lalu.

“Itu juga sesuai dengan penggambaran kuno Tutankhamun, terutama dengan kepala bunga teratai dari harta karun makamnya,” kata Habicht, kepada The Independent.

Baca Juga: Misteri Bilik Peristirahatan Sang Ratu Mesir Nan Jelita

Berbagai rekonstruksi wajah telah dicoba selama bertahun-tahun, yang pertama pada tahun 1983 oleh seniman forensik Betty Pat Gatliff, yang membuat cetakan menggunakan tengkorak plester yang dibuat dari radiografi.

Selama hidupnya, Tutankhamun dipuja sebagai dewa, dan naik tahta pada usia sembilan tahun. Dia meninggal ketika dia baru berusia 19 tahun dan terkenal karena banyaknya kekayaan yang ditemukan di dalam makamnya.

Sampai saat ini, makamnya adalah satu-satunya yang telah ditemukan secara utuh, dan penemuannya dianggap sebagai salah satu penemuan arkeologi paling penting dalam sejarah.

Bukti baru pada tahun 2022 menunjukkan bahwa arkeolog yang menemukan makam Tutankhamun mencuri harta karun darinya.

249