Home Nasional Pemerintah Targetkan Pengadaan Tanah di IKN Rampung Akhir Juni 2023

Pemerintah Targetkan Pengadaan Tanah di IKN Rampung Akhir Juni 2023

Jakarta, Gatra.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menargetkan pengadaan tanah Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bisa rampung di akhir Juni 2023. Target menteri itu lebih cepat satu bulan dari target sebelumnya di akhir Juli 2023.

"Ada 12 paket pengadaan tanah di IKN, 6 paket sudah selesai dan 6 paket masih dalam proses kita selesaikan. Keenam hal tersebut kita targetkan akan selesai akhir Juni," ungkap Hadi dikutip dalam keterangannya, Rabu (14/6).

Adapun 12 paket pengadaan tanah yang dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN di IKN antara lain IPAL dan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu IKN; Dermaga Logistik; Fasilitasi Bendungan Sepaku Semoi; Bendungan Sepaku Semoi Tahap I; Intake Sungai Sepaku Tahap I; Perubahan Intake Sungai Sepaku Tahap II; Infrastruktur IKN Tahap I; SPAM Instalasi Pengelolaan Air KIPP; Bypass Shortcut Pasar Sepaku; Bendungan Sepaku Semoi Tahap II; Duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek; dan Jalan Tol Akses Menuju IKN (Karang Joang-KTT Kariangau-Sp. Tempadung-Jembatan Pulau Balang).

Selain itu, ihwal progres pengukuran kadastral dan penerbitan Hak Pengelolaan (HPL), Hadi menyebut saat ini pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Ia mengatakan saat ini juga Kementerian ATR/BPN tengah melakukan pemasangan tanda batas di IKN.

"Untuk perizinan pemetaan dengan drone akan keluar dalam minggu ini dari Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Dhomber dan Kementerian Perhubungan. Untuk pengukuran juga sedang dilaksanakan. Sedangkan, penyelesaian penerbitan HPL targetnya 27 Juli 2023,” paparnya.

45