Home Politik PKB Tegaskan Tetap Kukuh Usung Cak Imin dalam Pilpres 2024

PKB Tegaskan Tetap Kukuh Usung Cak Imin dalam Pilpres 2024

Jakarta, Gatra.com - Ketua Bidang Pendidikan dan Pesantren Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Yusuf Chudlori menegaskan komitmen partainya untuk tetap memajukan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal itu sebagaimana diputuskan usai diskusi panjang antar para pengurus DPP untuk tetap berpegang teguh pada hasil Muktamar PKB di Bali, pada 2019 silam.

"Tetap meminta PKB untuk tetap menjaga keputusan Muktamar Bali yang menetapkan bahwa Gus Muhaimin harus maju sebagai calon presiden atau [calon] wakil presiden," kata Yusuf Chudlori ketika ditemui awak media di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (19/6).

Dengan kata lain, PKB hingga saat ini belum memiliki sosok lain yang akan pihaknya calonkan untuk maju dalam kontestasi politik tersebut. Pihaknya masih konsisten memajukan nama ketua umumnya itu.

"Saya tegaskan, sampai hari ini DPP PKB belum ada alternatif. Tetap Gus Muhaimin sebagai capres atau cawapres, sesuai dengan amanat Muktamar di Bali.

Sebagaimana diketahui, saat ini PKB telah tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama dengan Partai Gerindra. Nama Cak Imin pun disebut-sebut bertengger dalam bursa cawapres untuk mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maju dalam kontestasi pemilu mendatang.

Ketika ditanyai mengenai adanya kemungkinan Partai Gerindra tak menunjuk Cak Imin untuk maju sebagai cawapres Prabowo, Yusuf hanya menyebut pihaknya masih percaya bahwa Gerindra akan menjaga komitmen dalam membangun koalisi bersama pihaknya.

"Kita masih positive thinking bahwa Gerindra akan komitmen. Pak Prabowo juga sebagai tokoh beliau pasti akan menjaga kewibawaannya untuk menghargai teman koalisi yang pertama kali kita membangun koalisi," pungkasnya.

38