Home Gaya Hidup Menikmati Warna-warni Karya Seni di Tengah Hangatnya Layanan Hotel

Menikmati Warna-warni Karya Seni di Tengah Hangatnya Layanan Hotel

Yogyakarta, Gatra.com - Seluruh warga dan tetangga berkumpul. Mereka bertemu dalam suasana akrab dan hangat. Namun tak seseram judul karya lukisan ini, ‘Memanggil Malaikat’, semuanya digambarkan dalam figur sederhana, lucu, nan warna warni.

Karya seniman Moch Taufiqurrohman berdimensi 30x40 centimeter itu rupanya menceritakan tentang budaya doa bersama saat salah satu warga memiliki hajat.

Di lukisan lain, kali ini secara hitam putih karena digambar dengan arang, terlihat seorang astronot duduk di atas kap VW kodok.

Seniman AM Dante melengkapi karya bertajuk ‘Arrival’ berukuran 40x50 centimeter ini dengan latar belakang Tugu Yogyakarta, ikon dari tempat yang disebut penuh harapan dan istimewa.

Dua lukisan yang mewakili kehangatan Yogyakarta itu bersama 48 karya dari 10 seniman menghiasi koridor-koridor kamar di Hotel Kotta Go Yogyakarta.

Hotel yang berada tak jauh dari Tugu Yogya ini menggelar pameran seni rupa ‘Kottalites Art Gallery: The Culture and Warmth of Yogyakarta’, 5-31 Juli 2023.

Kurator pameran ini, Pecut Sumantri, mengajak para seniman, terutama seniman muda, untuk bebas berekspresi dan menuangkan berbagai ide dalam karya di pameran ini.

“Kalau apa yang dilukis sama dengan judulnya, misalnya, lalu apa yang bisa didiskusikan dari karya tersebut,” papar Pecut di pembukaan pameran, Rabu (5/7).

Manajer Hotel Kotta Go, Yeri Maulana Ishaq, menjelaskan pemilihan menggelar pameran seni rupa ini salah satu upaya Kotta Go untuk bekerja sama dengan bidang lain dan merangkul berbagai pemangku kepentingan, termasuk para seniman.

“Kami mengambil tema tentang budaya Yogyakarta yang dipadukan dengan culture hotel kami yang warna-warni dan artsy,” ujarnya.

Pameran disiapkan sejak tiga bulan silam. “Kami juga kaget waktu digelar pas momennya dengan banyaknya pameran seni yang digelar di Yogyakarta di bulan ini,” tuturnya.

Melalui pameran ini, Kotta Go memaksimalkan ruang di hotel untuk memajang puluhan karya seni. Para tamu pun dapat menikmati karya secara dekat di tengah hangatnya layanan hotel.

Untuk itu, tak berhenti di pameran ini, Kotta Go juga akan menggelar ajang lain dengan memanfaatkan area hotel.

“Kami juga akan coba dengan kegiatan lain, seperti undang teman-teman (pegiat) aquascape dan kami bikin di koridor juga. Area parkiran kami juga bisa untuk mural,” ujarnya.

184