Home Regional Perahu Nelayan Dihantam Ombak saat Hendak Melaut, Satu Orang Masih Hilang

Perahu Nelayan Dihantam Ombak saat Hendak Melaut, Satu Orang Masih Hilang

Kebumen, Gatra.com - Kecelakaan laut terjadi di perairan lepas Pantai Pasir, Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Seperti diketahui, Laut selatan atau Samudera Indonesia saat ini sedang tinggi gelombangnya.

Humas BPBD Kabupaten Kebumen, Heri Purwoto menjelaskan laka laut terjadi Senin pagi (10/7/2023) sekitar pukul 06.30 WIB. Sebuah perahu nelayan yang diawaki dua orang terbalik dihantam ombak besar sewaktu akan pergi melaut.

"Hingga kini, satu orang korban atas nama Sodiran (34), warga Dukuh Bayeman RT 003, RW 003, Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen masih belum ditemukan. Sedangkan satu orang bernama Parwono (42), berhasil diselamatkan," tutur Heri.

Kronologi kejadian, menurut Heri, perahu Tunggal Asih yang ditumpangi oleh kedua korban akan berangkat melaut untuk mencari ikan. Namun nahas, sekitar 30 meter dari lepas pantai, perahu dihantam ombak besar hingga terbalik.

"Satu korban berhasil diselamatkan oleh Tim SAR Lawet Perkasa yang sedang piket jaga. Sedang satu korban sampai saat inj belum ditemukan. Penyisiran melalui darat dengan mendirikan pos-pos pantau di sepanjang pantai pasir dan penyebaran informasi ke warga masyarakt, para pelaku wisata pantai, rukun nelayan dan warga yang beraktifitas di tepi pantai. Penyisiran juga menggunakan perahu SAR, perahu nelayan serta perahu milik Basarnas ke tengah laut," tambah Heri.

Ia mengimbau, bagi nelayan agar selalu memperhatikan kondisi gelombang dan cuaca ketika akan melaut.

"Bagi warga yang beraktivitas di pantai untuk selalu waspada, dan rekan rekan nelayan selalu memperhatikan kondisi gelombang dan cuaca. Selalu memakai APD terutama pelampung saat masuk laut, keluar laut ataupun di tengah laut," imbaunya.

118