Home Politik Bareng Golkar, PAN Resmi Usung Prabowo di Pilpres 2024

Bareng Golkar, PAN Resmi Usung Prabowo di Pilpres 2024

Jakarta, Gatra.com - Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi telah mendeklarasikan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) usungan mereka dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Deklarasi itu dilakukan PAN dalam satu kesempatan yang sama dengan Golkar.

"Melalui pertimbangan yang matang, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional telah memutuskan untuk memberikan dukungan calon presiden periode 2024—2029 kepada Letnan Jenderal Prabowo Subianto," ujar Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, pada Minggu (13/8).

Zulkifli mengatakan, keputusan PAN itu didasari oleh kebersamaan yang telah dijalin PAN dengan Prabowo sejak Pilpres 2014 silam. Sebagaimana diketahui, pada kontestasi politik 10 tahun silam itu, PAN juga memilih untuk mengusung Prabowo ketika dua kali berhadapan dengan Joko Widodo.

"Kalau tinggal sedikit [lagi], kenapa tidak sabar? Kami meyakini, perjuangan 10 tahun itu akan tuntas," imbuh politisi yang akrab disapa Zulhas itu.

Zulhas mengatakan, penting bagi PAN untuk menuntaskan perjuangan Prabowo untuk memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan. Pasalnya, PAN merasa harus menuntaskan program-program yang saat ini telah dibangun dan dicapai oleh pemerintahan Jokowi sebagai Presiden ke-7 Indonesia.

Zulhas pun menyinggung bahwa perekonomian Indonesia memiliki peluang emas untuk melesat maju dalam beberapa tahun ke depan. Pasalnya, Indonesia akan memiliki bonus demografi pada 2024—2038 mendatang yang dipercaya dapat mendukung kemajuan tersebut.

"Oleh karena itu, kalau kita bisa punya pemimpin yang tepat, maka cita-cita 100 tahun Indonesia merdeka Indonesia menjadi negara yang maju, Insya Allah bisa kita capai," kata Menteri Perdagangan (Mendag) RI tersebut.

Sebagaimana diketahui, dalam kesempatan yang sama, Golkar juga mendeklarasikan dukungan partai kepada Prabowo Subianto. Dengan demikian, sudah ada empat partai politik yang telah resmi mengusung Prabowo untuk maju sebagai capres dalam Pilpres 2024.

Keempatnya adalah Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang telah sejak awal tergabung di bawah payung Koalisi kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), serta PAN dan Golkar.

Adapun, sebelumnya PAN dan Golkar telah tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Namun, pada akhir April lalu, PPP secara resmi mendeklarasikan dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah sekaligus bacapres usungan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo.

93