Home Gaya Hidup Ragam Taksi di Dunia, Cek dari yang Termahal, Terunik hingga Ternyaman

Ragam Taksi di Dunia, Cek dari yang Termahal, Terunik hingga Ternyaman

Jakarta, Gatra.com- Tahukah Anda bahwa layanan taksi sudah hadir melayani masyarakat sejak tahun 1891. Ketika itu pertama kali dalam perjalanan transportasi dihitung per jarak kilometer dan atau waktu yang ditempuh.

Adalah Wilhelm Bruhn, penemu taksi meter, yang secara otomatis mencatat jarak yang ditempuh da waktu yang dihabiskan, sehingga memungkinkan tarif diukur secara akurat. Di Indonesia sendiri, bisnis taksi mulai di tahun 1965 yang dipelopori oleh Almh Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono.

Belakangan, taksi berkembang mengikuti kemajuan teknologi teranyar, mulai dari penggunaan mobil mewah atau luxury car, mobil bertenaga listrik dan hybrid, hingga mobil tanpa pengemudi. Mari kita ulas beragam taksi di dunia, mulai dari yang termahal, terunik hingga yang ternyaman di Indonesia.

Tarif Taksi Termahal di Dunia Bukan di Jepang

Belum lama ini ramai di TikTok, seorang kreator konten membagikan pengalamannya yang merasakan tarif taksi di Jepang yang super mahal. Dia mengaku mengeluarkan uang sampai Rp 1,4 juta sekali buka pintu taksi.

Walau kemudian, hal itu dibantah oleh pemandu wisata di Jepang bahwa kreator konten tersebut tidak akurat dalam menyampaikan data. Tarif taksi di Jepang dikutip dari data Taxisite tahun 2022, untuk taksi model standar tarif biaya buka pintu atau 1 km pertama jarak dikenakan tarif sebesar 500 Yen atau Rp56 ribu.

Taksi termahal di dunia diketahui berada di Oslo, Norwegia dengan tarif US$ 10 permil (Rp 87.500 per km). Bandingkan dengan tarif taksi reguler di wilayah Jabodetabek yaitu Rp 5.400 per km, sedangkan untuk taksi listrik dari Rp 5.600 menjadi Rp 5.900 per kilometernya, sangat jauh ya bedanya?

Taksi hitam yang menjadi ciri khas kota London menjadi salah satu taksi unik di dunia. (GATRA/Dok Pexels.com/Andrea De Santis) 

Taksi Unik di Dunia

Tiap kota di dunia kita menemukan hal-hal unik, begitu juga dengan layanan taksi, yang harus dicoba kalau berkunjung ke sana. Contohnya ada taksi hitam yang menjadi ciri khas kota London, lalu ada Yellow Cabs yang menjadi ikon di New York City.

Juga taksi dengan mobil mewah seperti Porsche dan Ferrari di Moskow dan Dubai. Serta taksi dengan mobil VW Beetle di Meksiko, Amerika Selatan. Lalu ada taksi Coco di Kuba berbentuk cangkang kelapa dengan warna kuning cerah yang dibuat dari fiberglass dan kursi yang dilas ke skuter.

Taksi Tanpa Pengemudi

Ada dua jenis taksi tanpa pengemudi, yaitu taksi Apollo Go yang sudah beroperasi di Beijing, Wuhan dan Chongqing, serta Cruise dan Waymo di Amerika. Bagaimana jika di Indonesia ada taksi tanpa supir?

Sebagai negara yang dinobatkan sebagai negara paling ramah kedua di dunia menurut survei Expat Insider 2022 yang diselenggarakan oleh InterNations, sepertinya pelayanan, human touch, dan interaksi antara pengemudi dan penumpang, masih menjadi hal penting yang diperhitungkan di Indonesia.

Ilustrasi taksi tanpa pengemudi. Ada dua taksi, yaitu taksi Apollo Go yang sudah beroperasi di Beijing, Wuhan dan Chongqing, serta Cruise dan Waymo di Amerika. (GATRA/Dok Pexels.com/Riccardo) 

Taksi Ternyaman di Indonesia

Taksi Bluebird sudah berdiri sejak 51 tahun lalu ini dengan mengedepankan tiga standar nyaman Indonesia (SNI). Yaitu standar kendaraan dengan kualitas yang terjamin, standar pengemudi yang handal dan terkenal dengan keramahannya, serta standar sistem terpadu yang memudahkan penumpang untum memesan dan membayar dengan berbagai sistem.

59