Home Politik Ganjaran dan SPN Siap Jangkau 35 Ribu Pekerja Perkebunan Sawit

Ganjaran dan SPN Siap Jangkau 35 Ribu Pekerja Perkebunan Sawit

Subulussalam, Gatra.com – Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) bersama DPC Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kota Subulussalam mengukuhkan struktur pemenangan Ganjar Pranowo di tingkat Kota Subukussalam, Aceh.

Ketua Umum GBB, Lukmam Hakim, dalam keterangan pers, Kamis (7/9), menyampaikan, pihaknya mengukuhkan struktur tim pemenangan untuk menjangkau sekitar 35 ribu pekerja perkebunan sawit di bawah enam perusahaan.

“Saya yakin dengan terbentuknya struktur pemenangan di Kota Subulussalam dan 6 tingkat perusahaan ini, kami bertekad menjangkau setidaknya 35 ribu buruh beserta keluarganya di Kota Subulussalam untuk memenangkan Pak Ganjar,” katanya.

Pengukuhan struktur tim pemenangan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) 2024 tersebut berlangsung di Pangkalankumbi diikuti seratusan delegasi dari masing-masing perusahaan.

Acara tersebut juga dihadiri Ketua DPC Partai Hanura Kota Subulussalam, Afan Alfian Bintang, dan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP GBB, Pribadi Utomo. Afan optimistis bahwa para buruh, terutama SPN siap memperjuangkan Ganjar menjadi Presiden Indonesia pada 2024.

“Dengan dilaksanakan deklarasi ini para buruh di Subulussalam terutama SPN siap memperjuangkan Pak Ganjar Pranowo jadi presiden RI 2024,” kata Afan.

Lukman menambahkan, GBB melakukan perluasan jangkauan dukungan untuk Ganjar bekerja sama dengan SPN. Kerja sama dengan SPN tersebut diharapkan mendongkrak perolehan suara Ganjar sehingga dapat menangkan Pilpres di Kota Subulussalam.

Lukman mengungkapkan, pihaknya bersama menyasar buruh di lima perkebunan sawit dan satu perusahaan angkutan darat di Subulussalam untuk menjangkau 35 ribuan buruh dan keluarganya yang ada di Subulussalam.

Menurutnya, ini kali kedua GBB membentuk struktur pemenangan di kalangan buruh sawit setelah sebelumnya di dua perkebunan sawit besar di Kuala Pahang, Malaysia, pada April lalu. Di sana terdapat ribuan WNI yang bekerja di perkebunan sawit.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini pihaknya tengah menyerbarluaskan sebuah "tagline" yang merupakan pernyataan dari Ganjar Pranowo, yaitu “Tuanku ya Rakyat”.

Menurut Lukman, pernyataan itu membuktikan bahwa Ganjar memang pantas menjadi pemimpin pelayan rakyat yang menjadikan rakyat sebagai tuannya. Banyak pejabat yang sering mengatakan siap melayani rakyat, tetapi tak ada pejabat selain Ganjar yang berani menyatakan rakyat sebagai tuannya.

“Pernyataan semacam hanya mampu diucapkan oleh pemimpin yang tidak mempunyai catat sejarah,” kata Lukman.

Oleh karena itu, Lukman meyakini Ganjar dapat totalitas dalam memperjuangkan kesejahteraan rakyat, baik pada masa jadi legislator maupun gubernur Jawa Tengah (Jateng).

Sememtara itu, Ketua DPC SPN Subulussalam, Amransyah Putra Berutu, yang didampingi oleh Aristo Hulu selaku Sekretaris dan Masa Maha selaku bendahara, menyatakan, pihaknya bekerja sama dengan GBB bersama seluruh PUK (basis) di perusahaan-perusahaan di Subulussalam siap mendukung Ganjar.

Hal senada disampaikan Ketua Dewan Pembina GBB, Ferry Indrianto, GBB hadir sebagai wadah kolaborasi antara serikat buruh, baik formal-informal dan kalangan dunia usaha dalam mencari solusi-solusi terbaik yang nantinya akan menjadi masukan bagi Ganjar. Ini sambil berkolaborasi memenangkannya pada Pemilu 2024.

Acara pengukuhan dan ikrar dipimpin langsung oleh Ketua Umum GBB disaksikan oleh Afan. Lukman menyerahkan pataka kepada Ketua Tim pemenangan GBB Kota Subulussalam, Amranyah Putra Berutu. Setelah itu dilanjutkan pembacaan ikrar pemenangan oleh para koordinator dengan penuh hikmat.

Sturktur pemenangan yang dikukuhkan dan melakukam ikrar adalah terdiri dari struktur DPC Kota Subulussalam dan 5 struktur tingkat perusahaan Sawit, yaitu di PT Global Sawit Semesta, PT Bensuli Salam Makmur, PT Asdal Prima Lestari, PT Bangun Sempurna Lestari, PT Samudera Sawit Nabati, dan satuy perusahaan angkutan darat (transportasi perkebunan sawit).

54