Home Ekonomi Toshiba TV Indonesia Targetkan Capai Share Market 10% pada 2025

Toshiba TV Indonesia Targetkan Capai Share Market 10% pada 2025

Jakarta, Gatra.com – Persiden Direktor Toshiba TV Indonesia, Agus Subiantoro, dalam acara peluncuran tiga tipe teranyar TV Toshiba di Jakarta pada Kamis (21/9), menyampaikan, pihaknya telah menetapkan sejumlah langkah untuk mencapai target tersebut.

Adapun beberapa langkah tersebut, yakni, pertama; fokus ke produk-produk big screen 4G. Sedangkan untuk entry level 2G, Toshiba TV Indonesia akan melakukan distribusi melalui chanel distributor.

Kedua, lanjut Agus, adalah merenovasi atau mengubah toko (store renovation) menjadi soft run improvement. Fokus utamanya, adalah pembaruan rak display, perluasan space area sehingga bisa men-display produk-produk unggulan TV Toshiba.

“Ketiga, pricing, penetapan harga jual yang kompetitif sesuai dengan target pasar dan konsumen,” kata Agus.

Keempat, lanjut dia, channel depelovment. Toshiba TV Indonesaia akan selalu mengembangkan channel-channel miliknya supaya produk Toshiba lebih dekat dengan konsumen.

“Satu hal lagi akan fokus dan sudah fokus untuk e-commerce channel. Jadi kita melakukan investment yang cukup besar di e-commerce untuk menaikkan traffic yang pada akhirnya akan meningkatkan pernjualan kita,” ujarnya.

Terakhir, kata Agus, e-store dan consumer promotion. Ini telah dan akan terus dilakukan secara kontinyu. Tujuannya untuk meningkatkan loyalitas konsumen kepada produk Toshiba.

Agus menjelaskan, pihaknya menetapkan perencanaan tersebut untuk mencapai market share paling tinggi untuk penjualan TV Toshiba di Jepang sejak tahun 2022 lalu.

“Selama tahun 2018-2022, Toshiba di Jepang mengalami kenaikan dari 12,2% menjadi 24%. Naik dua kali lipat sehingga mulai tahun 2022 Toshiba di Jepang market share nomor satu,” ujarnya.

Agus mengungkapkan, atas dasar itu Toshiba TV Indonesia bisa mengadopsi apa yang telah dilakukan oleh Toshiba Jepang. “Selama ini Toshiba tidak pernah berhenti dalam mencari dan menciptakan inovasi terbaru dalam setiap line up produk tv-nya,” kata dia.

Toshiba selalu meluncurkan produk-produk TV berkualitas berdasarkan tren yang ada di masyarakat. Kini, salah satu fungsi TV tidak hanya menontot tayangan siaran stasiun televisi maupun film, tetapi juga sebagai penunjang hobi, seperti bermain game dan menikmati konten-konten streaming favorit melalui layar kaca.

“Toshiba TV merupakan salah satu produsen TV tertua di dunia. Saat ini, Toshiba sudah berumur 70 tahun, di Indonesia kurang lebih 35 tahun,” katanya.

Menurut Agus, dari sisi usia hadirnya TV Toshiba di Indonesia sudah cukup lama dan sempat menjadi nomor satu. Namun karena persaingan kemudian bergeser. “Nah, mulai tahun ini Toshiba akan kembali lagi. Kita akan coba meraih posisi yang akan targetkan,” ujarnya.

Toshiba Luncurkan 3 TV Seri Teranyar Berteknologi Canggih

Toshiba Indonesia optimistis dapat meraih market 10% penjualan televisi Tanah Air pada tahun 2025. Selain karena menerapkan beberapa langkah di atas, juga diluncurkannya TV Toshiba seri teranyar.

Agus mengungkapkan, melanjutkan misi yang sama dengan Toshiba TV Jepang, pada Kamis (21/9), dengan bangga Toshiba TV Indonesia meluncurkan dua tipe seri terbaru, yaitu mini LED 4K Z870 dan Gaming TV Z670M, serta seri Quantum DOT 4K M550 yang merupakan penerus dari model sebelumnya.

“Rangkaian produk terbaru ini dilengkapi dengan rangkaian teknologi terbaru dari Toshiba TV yaitu ZRi,” katanya.

Dengan pencapaian penjualan tahun sebelumnya dan dengan diluncurkan rangkaian produk terbaru ini, ujar Agus, pihaknya optimistis bahwa Toshiba TV Indonesia akan mencapai market share 10% pada 2025.

“Kami sekarang menargetkan untuk mendapatkan share sebesar 10% pada tahun 2025,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya optimistis karena kalau belajar dari keberhasilan di Jepang, sebetulnya ada 3 faktor utama yang melandasi. Pertama, RnD mereka kuat. Kedua, teknologinya selalu inovaif. Ketiga adalah suplay changechain Toshiba sangat tangguh, sehingga mereka bisa mendapatkan cost compotitive price.

“Atas dasar tiga hal ini, kita yakin bahwa hal ini bisa diterapkan di pasar Indonesia untuk mencapai target market 10% pada tahun 2025. Apalagi kita sudah melebihi 35 tahun di pasar Indonesia,” katanya.

Brand Manager Toshiba TV Global, Nishioka Tatsuhiro, mengatakan, tahun ini Toshiba TV telah memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan dengan memperkenalkan REGZA Engine ZRi.

Ia menjelaskan, REGZA Engine ZRi adalah teknologi inovatif berbasis artificial intelligence (AI) dan teknologi Mini LED. Toshiba TV selaku pemimpin televisi global dalam teknologi vision, terus berinovasi dan berkontribusi menghadirkan TV terbaik.

Pihaknya mengharapkan dengan diluncurkannya series Mini LED 4K Z870, Gaming TV Z670M dan seri Quantum DOT 4K M550 dapat memenuhi keinginan pelanggan setia kami dalam menikmati tontonan kesukaan mereka mlalu televisi.

“Hadirnya teknologi REGZA Engine ZRi pada setiap series Toshiba terbaru ini adalah sebuah upaya kami di dalam memberikan produk televisi dengan kualitas gambar yang jernih, tajam, dan kualitas audio yang terbaik,” ujar Agus.

Adapun tiga seri teranyar TV Toshiba dalam dunia game dan hiburan, yakni Mini LED 4K Z870, Gaming TV Z670M, dan Quantum DOT 4K M550 yang dilengkapi dengan teknologi terkini dan juga menawarkan atau menjanjikan pengalaman baru dalam menonton dan menikmati konten dan games favorit melalui layar kaca.

Sebagai merek TV nomor satu di Jepang, Toshiba TV berkomitmen untuk menyediakan visual yang tak tertandingi, visual, pendengaran, dan pengalaman bermain game yang menghubungkan dunia televisi dengan dunia nyata secara mulus.

“Toshiba TV telah memiliki reputas yang baik dalam industri TV. Toshiba TV menyediakan gambar yang kaya warna, suara berkualitas, dan Desain yang menawan,” katanya.

Executive Vice President and CTO, TVS REGZA Corporation, Ishibashi Yasuhiro, menyampaikan, peluncuran tiga seri terbaru TV Toshiba untuk meningkatkan pengalaman hiburan melalui inovasi, kualitas gambar, suara, dan Desain terbaik menjadi satu sistem hiburan.

“Model-model unggulan ini, TV Toshiba Z870M, Z670M, dan M550M merupakan perwujudan klasik dari esensi merek kami,” katanya.

107