Home Teknologi Limbah Elektronik Jadi Masalah di Tahun 2025

Limbah Elektronik Jadi Masalah di Tahun 2025

835

Toronto, Gatra.com - Perayaan Hari Bumi membutuhkan petualangan luar ruangan, tetapi jangan tinggalkan teknologi dan gadget Anda di rumah. Beberapa acara ramah lingkungan yang terjadi di Kanada mungkin membutuhkan barang elektronik dan gadget terutama barang yang rusak.

Dilansir CBC, Comedy Bar di Toronto adalah mereka yang memegang drive teknologi akhir pekan ini. 

Manajer media sosial dan pengelola drive Comedy Bar Jenna Warriner mengatakan acara daur ulang limbah elektronik ini terinspirasi oleh banyaknya teknologi yang ditemukan di sekitar rumah dan lingkungannya.

"Ada kawat, kabel, dan pengisi daya. Jika kita semua bisa bergabung (dengan membuang teknologi kita dengan benar), bayangkan perubahan yang bisa kita lakukan," kata Jenna.

Setiap pertunjukan di Comedy Bar dimulai dengan baterai baru untuk memastikan tidak ada kendala di tengah acara berlangsung. Akibatnya baterai yang setengah digunakan ini dengan cepat menumpuk di belakang panggung.

Menurut Biro Daur Ulang Internasional (BIR) yang berbasis di Brussels, Kanada menghasilkan 638.300 ton limbah peralatan elektronik dan listrik pada tahun 2017.

Diperkirakan jumlahnya akan terus mengalami kenaikan. 

Pada tahun 2025, BIR memperkirakan bahwa Kanada dan AS secara kumulatif akan menghasilkan 9,25 juta metrik ton limbah elektronik di tahun itu saja.

Profesor di Memorial University of Newfoundland Josh Lepawsky meneliti ke mana limbah elektronik ini berakhir. Meskipun banyak limbah dari produk elektronik terjadi sebelum masuk ke tangan konsumen, ia menjelaskan bahwa menggunakan kembali perangkat yang masih berfungsi adalah cara terbaik untuk membatasi dampak negatif yang akan ditimbulkan.

"Tidak ada proses daur ulang 100%. Menggunakan selama mungkin energi dan material merupakan hal terbaik yang dapat Anda lakukan," katanya.

Beberapa dari limbah ini bahkan masih berada di dalam rumah setiap orang. Mungkin ada beberapa teknologi elektronik tidak terpakai yang masih disimpan di laci lemari, seperti baterai dan mainan anak.

Reporter: MAH/CBC
Editor: Anthony Djafar

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS