Home Regional Inilah Serma Endro Sriyoto, Bantu Merawat ODGJ Sejak 8 Tahun

Inilah Serma Endro Sriyoto, Bantu Merawat ODGJ Sejak 8 Tahun

Pati, Gatra.com - Serma Endro Sriyoto, anggota Kodim 0718/Pati, mendedikasikan hidup untuk merawat orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), yang terlantar di jalanan Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Bahkan kegiatan itu telah berlangsung 8 tahun lamanya.

Serma Endro Sriyoto mengaku sudah lama menjadi relawan untuk membantu orang dengan gangguan psikis di jalan. Meski begitu ia enggan mengunggah ke media sosial (Medsos) karena apa yang dilakukan adalah bentuk keikhlasan.

"Kegiatan sosial ODGJ ini, sudah lama kita lakukan yakni sejak 7 -8 tahun lalu. Cuman memang tidak kita share atau upload di media sosial. Alasannya kemanusiaan," ujarnya, Kamis (5/10).

Kegiatan membantu ODGJ, biasa dilakukan Serma Endro Sriyoto sepulang melaksanakan tugas pokok TNI. Biasanya ODGJ yang ditemui diberikan makan dan bahkan memandikan. Bahkan acap kali, ia blusukan dalam kegiatan itu.

Warga Desa Pasucen, Kecamatan Trangkil itu menuturkan, merawat ODGJ bukanlah hal yang mudah, butuh kesabaran ekstra dan komunikasi yang baik. Selain itu adalah keberanian.

"Kita ajak komunikasi, kasih makan, memandikan, dan memberikan pakaian layak. Kalau bukan kita yang membantu siapa lagi. Mereka juga adalah manusia, jadi kita perlakukan sebagaimana mestinya, tidak membeda-bedakan," Serma Endro Sriyoto.

Hebatnya, selama ia menjadi relawan untuk membantu ODGJ, Serma Endro Sriyoto menggunakan uang pribadi. Meski begitu ia tetap Istiqomah dan terus melakukan kegiatan sosial tersebut.

"Tugas pokok TNI itu banyak, tapi untuk menambah ekonomi saya jualan madu. Sehingga sedikit-sedikit bisa untuk membantu ODGJ," jelasnya.

14