Home Regional Jelang Tahun Politik, Dokumen Kependudukan di Karimunjawa Digenjot

Jelang Tahun Politik, Dokumen Kependudukan di Karimunjawa Digenjot

Jepara, Gatra.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menggenjot dokumen kependudukan di Kepulauan Karimunjawa. Hasilnya, kurun dua hari, sebanyak 1.406 dokumen diterbitkan.

Kepala Disdukcapil Jepara, Abdul Syukur, mengatakan, rinciannya adalah Kartu Keluarga sebanyak 273 buah, KTP el 315 buah, Akta kelahiran 127 buah, akta kematian 112 buah, surat pindah 12 buah, KIA 1.407 buah, rekam KTP el 190 buah, dan Identitas Kependudukan Digital/IKD 268 buah.

"Kami gelar dua hari tanggal 13-14 Oktober. Keberhasilan ini berkat bantuan personel dan alat dari Ditjen Dukcapil Kemendagri," ujarnya, Senin (16/10).

Memang selama ini Ditjen Dukcapil Kemendagri memiliki perhatian yang sangat besar terhadap pelayanan di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Indonesia.

"Karimunjawa dikategorikan 3T. Alhamdulillah berkat bantuan enam rekan dari Ditjen Dukcapil, pelayanan yang biasanya hanya mendapat ratusan dokumen meningkat drastis menjadi ribuan," terangnya.

Selain pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk), kegiatan di Karimunjawa juga menyasar kepada remaja yang pada tahun 2024 menjadi pemilih pemilu pemula.

"Potensi pemilih pemilu pemula di sana ada 300 anak, alhamdulillah kita berhasil rekam 190 anak. Karena kehidupan di Karimunjawa sebagian besar nelayan, mungkin 110 anak belum bisa dilayani karena sedang melaut atau aktivitas lain," sebutnya.

Ia mengungkapkan, dalam rangka turut menyukseskan Pemilu 2024, selain layanan di Karimunjawa, Disdukcapil Karimunjawa juga terus mengadakan layanan jemput bola di SMA, SMK, dan MA.

"Ke depan, layanan jemput bola perekaman pemula akan kita perluas tidak hanya di SMA, SMK, dan MA tetapi juga di pondok pesantren. Kami sudah memetakan potensi di pondok pesantren yang jumlahnya cukup signifikan," pungkasnya.

24