Home Politik Jelang Anies-Muhaimin Daftar ke KPU, Pro Anies Sampaikan Prestasi Anies Pimpin Jakarta

Jelang Anies-Muhaimin Daftar ke KPU, Pro Anies Sampaikan Prestasi Anies Pimpin Jakarta

Jakarta, Gatra.com – Koordinator Seknas Pro Anies, Marwan Azis, menyampaikan sejumlah prestasi Anies Bawedan. Anies akan mendaftarkan diri sebagai calon presiden (Capres) bersama Muhaimin Iskandar sebagai Cawapres dari Koalisi Perubahan di KPU, Kamis pagi (19/10).

Marwan Azis dalam keterangan pers dilansir dari Antara, menyampaikan, kinerja Anies selama menjabat Gubernur DKI Jakarta sangat luar biasa, sehingga warga DKI selayaknya memilih Anies-Muhaimin (AMIN) dalam Pilpres 2024.

Adapun sejumlah prestasi Anies ketika memimpin DKI Jakarta, lanjut Marwan Azis, di antaranya pembangunan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) untuk menghelat balapan mobil listrik bertaraf internasional, Formula E.

Menurutnya, balapan yang dihelat pada 4 Juni 2022 itu pun menangguk sukses. Suksesnya ajang balapan mobil listrik ini telah berhasil membawa nama baik ibu kota negara Indonesia, Jakarta, ke seluruh dunia.

Selanjutnya, pembangunan Stadion Jakarta International Stadium (JIS). Stadion bertaraf internasional standar FIFA itu rampung dan diresmikan pada April 2022. JIS merupakan salah satu mega proyek berskala dunia yang dibangun di atas lahan seluas 22 hektare di Jakarta Utara (Jakut).

Prestasi selanjutnya, Anies sukses merevitalisasi Kota Tua Batavia. Dia mengubah Zona Rendah Emisi atau Low Emission Zone (LEZ) Kota Tua. Dalam revitalisasinya itu, saat ini Kota Tua hanya dapat dilalui oleh pejalan kaki, bus TransJakarta, kendaraan listrik, pesepeda, dan bus berstiker khusus.

Anies juga membangun Sumur Resapan. Pembangunan 100 titik sumur resapan ini bertujuan untuk mengantisipasi banjir yang kerap terjadi di wilayah tersebut. Selain itu, pembangunan Jalur Sepeda di Jakarta. Anies menargetkan tersedianya 535,68 km jalur sepeda pada tahun 2026 di Jakarta. Saat ini, Jakarta telah memiliki 103 jalur sepeda.

Adapun di bidang kesehatan, kata Marwan Azis, Anies sukses membangun Aplikasi Jakarta Kini (JAKI). Aplikasi itu diluncurkan ketika kasus Covid-19 sedang merajalela. Dikhususkan hanya untuk warga Jakarta, JAKI merupakan pusat informasi penanganan Covid-19 di Jakarta.

Kemudian, Anies juga menggratiskan BPJS Kesehatan bagi warga yang kurang mampu, sehingga kebijakan tersebut sangat membantu pelayanan kesehatan bagi warga DKI Jakarta.

Deretan prestasi Anies lainnya, terkait mobilitas Jakarta, yaitu integrasi transportasi JakLingko. Dengan JakLingko semua warga dapat menggunakan fasilitas kartu uang elektronik atau aplikasi JakLingko untuk bertransaksi pada seluruh moda.

“Hal ini mengingat sebelumnya mereka harus butuh kartu-kartu berbeda untuk bisa mengakses transportasi yang berbeda. Tarif JakLingko yakni maksimal Rp 10 ribu dengan tujuan ke mana saja,” kata Marwan.

Menurutnya, kesuksesan Anies di Jakarta menjadi pengalaman berharga bagi pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) jika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia guna memajukan dan menyejahterakan rakyat Indonesia.

Marwan mengimbau dan mengajak warga DKI Jakarta untuk ikut mengantar Anies-Muhaimin yang diusung Partai NasDem, PKS, dan PKB mendaftar ke KPU pada pukul 08.00 WIB.

Ia menyampaikan, rombongan akan mengawali rute dengan berkumpul di DPP PKS. Setelah itu lanjut ke DPP PKB dan NasDem. Dari sana, baru menuju KPU bersama para kader partai dan relawan.

Sementara itu, Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said, mengatakan, sebanyak 20 ribu orang akan mengawal pasangan Anies-Muhaimin mendaftar ke KPU. Menurutnya, jumlah massa akan terus bertambah.

212