Home Regional Mbak Ita Resmi Lantik 5 Kepala Dinas Baru, Berikut Nama dan Jabatan Sebelumnya

Mbak Ita Resmi Lantik 5 Kepala Dinas Baru, Berikut Nama dan Jabatan Sebelumnya

Semarang, Gatra.com - Sebanyak tujuh orang pejabat resmi dilantik oleh Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu. Lima diantaranya adalah kepala dinas yang baru.

Bertempat di lantai 8 Gedung Moh Ihsan, Kamis (19/10/2023), Mbak Ita memimpin langsung pelantikan dan mengambil sumpah janji pejabat eselon II, pejabat administrator dan pejabat fungsional.

Kepada pejabat yang baru dilantik, Mbak Ita memerintahkan untuk langsung membuat program dan mengeksekusinya di dinas masing-masing.

Ia juga mengatakan, seluruh pejabat yang telah menandatangani pakta integritas atau perjanjian untuk serius dan benar-benar menunjukkan kinerja melayani masyarakat, termasuk langkah evaluasi berkala.

"Tentu kita harapkan segera, hari ini begitu dilantik langsung membuat program dan langsung dieksekusi. Karena 6 bulan kedepan akan dievaluasi berdasarkan Peraturan Kemenpan RB," ucapnya.

Selain itu, kata Mbak Ita, ada kemungkinan tahun depan akan banyak pejabat yang diganti karena sudah masuk purnatugas. 

"Yang belum naik jabatan saat ini mohon bersabar, Insya Allah tahun depan akan ada pergantian pejabat dan kenaikan jabatan karena banyak pejabat yang akan pensiun," ujarnya.

Mbak Ita mengungkapkan, ada beberapa pekerjaan rumah (PR) yang harus segera diselesaikan hingga tuntas. Beberapa hal yang menjadi sorotan yaitu, kemiskinan ekstrem, angka putus sekolah dan persoalan banjir.

“PR soal anak putus sekolah, termasuk kemiskinan ekstrem. Persiapan menyambut musim hujan ada ramalan cuaca BMKG akan terjadi curah hujan tinggi atau badai, banjir dan sebagainya,” ujarnya sambil menunjuk tugas Dinas Pendidikan, Dinas Pekerjaan Umum.

Selain itu, agar para investor tertarik untuk datang menanamkan modal juga menjadi salah satu perhatian bagi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang.

Dirinya juga menegaskan, jika proses kenaikan jabatan ini murni dari tim penyeleksi dan tidak ada intervensi darinya.

"Saya menilai secara objektif, tidak ada intervensi. Karena saya menggandeng psikolog dari Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (UNDIP)," jelasnya.

"Saya sendiri tidak terlibat dalam penilaian, dan saya hanya mendapatkan hasil nama-nama ini dari Sekda dan BKPP," sambungnya.

Berikut daftar kepala dinas dan pejabat setingkat yang menjalani pelantikan, antara lain :

1. Bambang Pramushinto : Kepala Dinas Ketahanan Pangan menjadi Kepala Dinas Pendidikan (DISDIK)

2. Yudi Wibowo : Staf Ahli WalikotaBidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan menjadi Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DISPERKIM)

3. Suwarto : Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM menjadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU)

4. Joko Hartono : Sekretaris Badan Kesbangpol menjadi Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP)

5. Diah Supartiningtias : Kabag Hukum, Sekretariat Daerah menjadi Kepala DPMPTSP

6. Eko Krisnarto : Wakil Direktur Utama Bidang Keuangan Rumah Sakit KRMT Wongsonegoro (RSWN) menjadi Direktur Utama

7. Adhi Putra Wicaksono : Analis Kebijakan muda pada bagian Organisasi Sekretariat Daerah menjadi Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dispendukcapil.

114