Home Ekonomi Dorong Penguatan Ekonomi Desa, PKN STAN Gandeng ADBI Gelar SEMBADHA 2023

Dorong Penguatan Ekonomi Desa, PKN STAN Gandeng ADBI Gelar SEMBADHA 2023

Tangerang Selatan, Gatra.com – Untuk ke lima kalinya, Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SEMBADHA) kembali dihelat Politeknik Keuangan Negara STAN.  Tahun ini, SEMBADHA mengusung tema “Peningkatan Kewirausahaan dan Inovasi Perekonomian Desa di Indonesia” (Promoting Entrepreneurship and Innovation of Rural Economies in Indonesia).

SEMBADHA merupakan kegiatan kerja sama antara PKN STAN dengan Asian Development Bank Institute (ADBI) serta delapan perguruan tinggi di Indonesia yang menjadi Co-host.  Ada tiga rangkaian kegiatan dalam SEMBADHA 2023 ini, yaitu Seminar Nasional, Call for Paper, serta Pameran.

Seminar Nasional diselenggarakan pada Kamis, 26 Oktober 2023 di Gedung N, Kampus PKN STAN dengan menghadirkan sejumlah narasumber dan pembicara internasional secara hybrid (luring dan daring).  Bersamaan dengan kegiatan ini, dilaksanakan pula Pameran yang diikuti oleh 43 booth dari Kementerian Keuangan, Kementerian lain dan dinas terkait, lembaga pembiayaan, perguruan tinggi, organisasi mahasiswa, UMKM serta BUM Desa.

Sedangkan rangkaian kegiatan Call for Paper telah dimulai sejak tanggal 1 Juli 2023 dan diakhiri dengan Sesi Presentasi Pararel secara luring pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Seminar Nasional diawali dengan sambutan Direktur PKN STAN, Rahmadi Murwanto yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan SEMBADHA 2023. 

Dalam sambutannya, Rahmadi Murwanto menyampaikan bahwa tema SEMBADHA kali ini cukup relevan dengan salah satu sasaran Program Nawacita untuk menjadikan unit ekonomi desa sebagai motor penggerak perekonomian di kawasan pedesaan. 

Usai seminar, acara dilanjutkan dengan Opening Remarks dari perwakilan ADBI, Riznaldi Akbar. Dalam uraiannya, Riznaldi menyampaikan empat pilar fundamental yang  perlu menjadi fokus dalam mendukung kewirausahaan dan inovasi perekonomian desa. 

Seminar Nasional ini juga menghadirkan Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan, Sudarto sebagai Keynote Speaker.  Selain menyampaikan update mengenai kondisi perekonomian Indonesia, ia juga mengajak
pihak-pihak terkait untuk mencari cara-cara baru yang nonkonvensional sambil terus bersinergi untuk membangun ekosistem yang mendukung kemajuan desa dan kemandirian BUM Desa. 

Seminar Nasional SEMBADHA 2023 dilaksanakan dalam dua panel diskusi. Panel pertama diisi oleh Harlina Sulistyorini selaku Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kementerian Desa PDTT, Loto Srinaita Ginting selaku Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN serta Dil Rahut selaku Vice-Chair of Research and Senior Research Fellow ADBI. 

Pada panel yang dimoderatori oleh Dosen PKN STAN Kristian Agung Prasetyo ini  membahas mengenai ‘Enterpreneurship and Development Policy in Rural Area’. 

Diskusi panel kedua membahas ‘Enterpreneurship and Innovation of Rural Economy’ bersama Ahmad Arief Rohman selaku Direktur BUM Desa Panggung Lestari, Panggungharjo serta Lina Rahmania dari UMKM Mitra PKN STAN Sanrah Food, dengan dimoderatori oleh Kuwat Slamet selaku dosen PKN STAN.

Selain sebagai perwujudan Tridarma Perguruan Tinggi, rangkaian kegiatan SEMBADHA 2023 ini juga diharapkan mampu menjadi platform untuk menyebarkan kontribusi dari kalangan akademisi dalam upaya pemulihan dan pertumbuhan ekonomi, terutama pengembangan perekonomian pedesaan dan UMKM yang menjadi salah satu fokus utama dari agenda ekonomi KTT ASEAN 2023. 

420