Home Politik Ganjar-Mahfud Siap Bangun 10 Juta Hunian Layak bagi Masyarakat

Ganjar-Mahfud Siap Bangun 10 Juta Hunian Layak bagi Masyarakat

Jakarta, Gatra.com - Anggota TPN Ganjar-Mahfud, Achmad Baidowi mengungkap salah satu program unggulan capres-cawapres andalannya dalam kontestasi pilpres 2024 mendatang yakni Rumah Kita.

Achmad menyatakan bahwa Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan membangun 10 juta hunian untuk rakyat kurang mampu. Program tersebut telah tercantum dalam visi misi Ganjar-Mahfud jika berhasil memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Rumah Kita juga tidak hanya terdiri dari bangunan rumah saja. Ganjar-Mahfud akan membangun hunian seperti rumah sederhana, rusunami, rusunawa, yang disertai dengan ketersediaan lahan strategis dari pusat perekonomian dan transportasi umum.

"Program Rumah Kita akan difokuskan ke masyarakat yang tidak mampu dan belum punya rumah,” ucap pria yang akrab disapa Awiek itu di Jakarta, Senin (13/11).

Program Rumah Kita pun akan difokuskan untuk masyarakat berpenghasilan rendah, pekerja sektor informal, buruh, hingga anak muda. Skema pembiayaan juga akan dibuat mudah dan murah, sehingga tidak membebani rakyat.

Selain itu, perhitungan Ganjar dan Mahfud untuk mewujudkan masyarakat dengan hunian layak pun tidak akan membebani anggaran negara. Rumah Kita juga akan dibangun secara merata, tidak hanya di Pulau Jawa saja.

"Sebagai bagian dari upaya pemerataan pembangunan, itu akan dilakukan di seluruh Indonesia, khususnya di daerah yang belum mendapat perhatian," jelasnya.

Tidak hanya itu, sebagai program pendorong Rumah Kita, Ganjar-Mahfud sudah menyiapkan program Kampung Sehat. Program ini akan membenahi kampung kumuh yang terletak di pedesaan dan perkotaan.

"Memperbaiki kampung kumuh di desa dan kota, dengan hunian layak, sanitasi sehat, air minum, dan air bersih, fasilitas umum dan sosial memadai, dan ruang terbuka hijau yang mencukup," jelas Awiek.

84