Home Politik Jadwal Uji Publik Capres-Cawapres Disebar si Medsos, Prabowo-Gibran Jadi Sorotan

Jadwal Uji Publik Capres-Cawapres Disebar si Medsos, Prabowo-Gibran Jadi Sorotan

Jakarta, Gatra.com - Jadwal uji publik hingga debat capres-cawapres menjadi perhatian bagi masyarakat Indonesia menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal ini terlihat dari sejumlah cuitan yang tersebar di media sosial X.

Salah satu cuitan netizen pun mengungkap jadwal uji publik capres-cawapres. Bahkan, unggahan netizen akun @ariyadifebri tersebut menjabarkan secara rinci mengenai absensi para pasangan calon (paslon) dalam sejumlah agenda debat.

Dari utas yang ditampilkan, tercatat jadwal-jadwal pengujian visi-misi yang berlangsung dari 13 Juli-23 November 2023. Hasilnya pun menunjukkan ketimpangan yang terjadi dari salah satu pasangan calon.

Terlihat bahwa pasangan Prabowo-Gibran tidak menghadiri 13 acara yang berkaitan dengan diskusi, debat, atau pengujian publik. Sementara itu, pasangan Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud sama-sama tidak hadir dalam satu agenda.

Beberapa acara yang tidak dihadiri oleh pasangan Prabowo-Gibran tersebut antara lain ialah, Exclusive Mata Najwa Pasca Deklarasi, Rembuk Ide di Habibie Centre, hingga Ideafest 2023. Dalam unggahan itu juga tertulis sejumlah alasan dari Prabowo-Gibran tidak menghadiri acara.

Nampak bahwa Prabowo-Gibran dua kali tidak hadir dalam sebuah acara uji publik tanpa keterangan. Sementara untuk alasan lain, nampak Prabowo-Gibran memiliki jadwal yang tidak bisa dihindari, seperti Rakernas Projo hingga menerima penghargaan.

Kondisi ini pun menimbulkan sejumlah komentar pro-kontra atas tindakan Prabowo-Gibran yang kerap mangkir dari agenda diskusi publik.

"Keknya knp AMIN bisa lebih sering hadir, kemudian disusul Ganjar, dan yg paling sering absen Prabowo Gibran. Krn posisi masing2 mereka gak sih? Secara Prabowo, Gibran atau bahkan Prof Mahfud jg, mereka masih megang jabatan publik yg penting. Beda sama AMIN yg udh full fokus," kata salah satu netizen.

"Absen terlalu banyak biasanya ga boleh ikut UAS sih," tulis salah satu netizen.

"Nomor 2 jarang hadir di dialog publik tapi paling kenceng branding gemoy," ungkap netizen lain.

"Namanya undangan bisa hadir bisa tidak, apalagi ada calon yg masih aktif menjabat. Apakah undangan mepet atau memang sudah di schedule sejak lama?" tanya netizen.

"Si Gibran banyak bolosnya. Harusnya di DO ga boleh ikut ujian," komentar netizen.

163